ISLAM DAN MASALAH KENEGARAAN (Telaah Atas Pemikiran Prof. Dr. H Syafii Maarif, MA)

Khalid Sumatri Tambunan

Abstract


salah satu tujuan pokok dari kajian ini ialah mencoba menjelaskan situasi religius-intelektual ummat Islam Indonesia. Berbicara; secara intelektual, masa depan Islam di Indonesia tampaknya akan banyak bergantung kepada berhasil atau gagalnya umat Islam merumuskan kembali hukum-hukum syari'ah untuk memenuhi kebutuhan umat sekarang ini. Proses Islamisasi yang cepat dan hebat dalam masyarakat kontemporer Indonesia, benar-benar menuntut suatu bingkai kerja intelektual yang kukuh, di dalam-nya prinsip-prinsip moral dan etik al-Qur'an dapat diformulasikan dengan penuh makna dan sistematis, dan kemudian di atas landasan prinsip-prinsip moral inilah, prinsip-prinsip Islam yang lain ditegakkan dengan mantap. Dalam jangkauan maknanya yang komprehensif inilah sebenamya, peran utama dari kerja ijtihad.

 


Keywords


Islam, Kenegaraan

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Komaruddin, dan Gaus AF, Ahmad, (2005) Islam, Negara dan Civil Society; Gerakan dan Pemikiran Islam Kontemporer, Jakarta: Paramadina.

Mahendra, Yusril Ihza, (1989) Harun Nasution Tentang Islam dan Masalah Kenegaraan dalam LSAF, Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam, Jakarta: LSAF.

Nasution, Harun, dan Azra, Azyumardi, (1985) Perkembangan Modern dalam Islam, Jakarta: Yayasan Obor.

Noeng, Muhajir, (1989) Metode Penelitian Kualitatif, cet 7, Yogyakrta: Pustaka Pelajar.

Paydar, Monoucher, (2003) Legitimasi Negara Islam Problem Otoritas Syariah dan politik Penguasa, Yogyakarta : Fajar pustaka Baru.

Pulungan, Suyuthi, (1994) Fiqh Siyasah; Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan (LSIK),.

Sekamto, Suryono, (1986) Pengantar Penelitian Hukum, cet. 3, Jogjakarta: UII Press.

Syafii, A. Maarif, (1985) Islam Dan Masalah Kenegaraan Studi tentang Percaturan dalam Konstituante, Jakarta : Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.