KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAWASAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR AR RAHMAN MEDAN

Rauziah Ainun Ritonga

Abstract


Keteladanan kepala sekolah dalam pengawasan mutu pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Ar Rahman berkenaan dengan ucapan yang baik, pakaian yang baik walau sederhana, tingkah laku yang baik, menjadi imam sholat, murah senyum, ikut berperan serta dalam kegiatan, dilakukan dengan cara meniru sifat dan akhlak Rasulullah saw, mengajari anak-anak untuk memahami dan menghayati ayat-ayat Allah baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, membimbing anak-anak kepada ajaran kebaikan, menanamkan kepada guru cinta pekerjaan, bertanggungjawab, amanah, jujur dan menanamkan kepada anak cinta belajar, mengawasi berbagai kegiatan anak dan memastikan kegiatan tersebut terlaksana dengan benar, memberikan contoh tidak takut mengatakan yang benar, memberikan contoh tidak ragu menindak yang salah, menjadi imam sholat, menjadi pembina upacara, menjadi yang pertama hadir di sekolah dan menjadi yang terakhir pulang ke rumah, kesemuanya bertujuan untuk mendidik dan membimbing guru dan para siswa

Keywords


Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan PAI

Full Text:

PDF

References


Abadi, Muhammad Ibnu Ya’qub al-Fairuz. Tanwirul Muqabbās minat-Tafsiri Ibni `Abbās. t.t.p: t.p, t.t. jilid.I

Arifin, Muhammad. (2003) Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asf, Jasmani dan Syaiful Mustafa. (2013) Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Assyarqowi, Abdurrahman. (2010) Ali bin Abi Tholib. Bandung: Syigma Publishing, 2010

`Asqalani al-, Ibnu Hajar. Bulugul Marām min Adillatil Ahkâm, terj.A Hassan, Tarjamah Bulugul Maram. Bandung: Diponegoro, cet.9, 1996. Jilid II

Bukhāri al-, Muhammad ibnu `Ismail ibnu Ibrahim ibnul Mughirah. Shahih Bukhāri. t.t.p.: t.p., t.t. jilid.XVIII

Darwin dan Irsan. (2012) Penjamin Mutu Pendidikan dan Pengawasan. Medan: Unimed Press.

Djazaman, Mohammad. (1991) Konsep Pendidikan Islam, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 1, tahun 1991

Eaton, Gai. (2006) Islam dan takdir manusia. Yogyakarta: Suluh Press.

Engkoswara dan Aan Komariah. (2010) Administrasi Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Fauri, Alauddin Ali Ibn Hisamuddin al-Muttaqi al-Hindi al-Burhan. Kanzul `Ummāl fis Sunanil Af’āl wal Aqwāl. t.t.p: Yayasan al Risâlat, cet.5, 1401H/1981M. Juz.XVI

Greenwood, Malcom S. and Helen J.Gaunt. (1994) Total Quality Management. London: Redwoodbooks.

Gunawan, Ary H. (1996) Administrasi Sekolah-Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, Sofyan Syafri. (2002) Sistem Pengawasan Manajemen: Management Control System. Jakarta: PT.Pustaka Quantum.

Hikmat, (2011) Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, cet.2.

Koswara, Deni dan Cepi Triatna. (2011) Manajemen Pendidikan: Manajemen Peningkatan Mutu Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta, cet.4.

Makawimbang, Jerry H. (2011) Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: CV.Alfabeta.

Makbuloh, Deden. (2011) Manajemen Mutu Pendidikan Islam: Model Pengembangan Teori dan Aplikasi Sistem Penjamin Mutu. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Marno, Triyo Supriyatno. (2008) Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung:Refika Aditma.

Masaong, Abd Kadim. (2012) Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya,cet.20.

Mukhtar dan Iskandar. (2009) Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, E. (2011) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

_____. (2004) Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, Dedi. (2012) Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya, cet.2.

Nurjannah, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan” (Tesis, Program Pascasarjana UNDIP Semarang, 2008), h. Abstraksi. Diunduh dari eprints.undip.ac.id pada hari Senin, 21 Oktober 2012.

Purba, Dermawati. (2013) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah di Madrasah Aliyah Swasta Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Tesis, Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.

Purwanto, M.Ngalim. (1993) Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Bening Kecerdasan.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. (2012) Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, cet.9,

Rozali, Muhammad. (2013) Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Jalan Ismailiyah Medan. Tesis, Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara.

Sahertian, Piet A. (2008) Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, cet.2,

Sallis, Edward. (2011) Total Quality Management in Education, terj.Ahmad Ali Riyadi, Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod, cet.13.

Satori, Dja’man dan Aan Komariah. (2011) Methodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Alphabeta, cet.3.

Shihab, Muhammad Quraish. (2012) Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian alqurân. Jakarta: Penerbit Lentera Hati, cet.5.

Siagian, Sondang P. (1997) Ogranisasi, Kepemimpinan dan Prilaku Administrasi. Jakarta: PT Gunung Agung




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.