PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS GOOGLE CLASSROOM

Sahliah Sahliah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tentang pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) berbasis google classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana pembelajaran PAI berbasis google classroom. penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode daring (online). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Teknik Informatik semster dua Universitas Sumatera Utara (USU). Sumber data dalam penelitian ini yaitu dosen PAI  RPP silabus, materi pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran PAI sangat efektif digunakan bagi dosen dan mahasiswa. Pembelajaran PAI dengan menggunakan aplikasi google classroom memiliki kelebihan dan kekurangan yang dihadapi baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa sebagai pengguna aplikasi google classroom

Full Text:

PDF

References


Ali, M. D. (2018). Pendidikan Agama Islam. RajaGrafindo Persada.

Dharmawati. (2021). An Analysis of Students’ Learning Independence in Learning English for Computer Using Google Classroom. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 4, No. 2, May Page. 1635-1642.

Eko, P.S, Rahmatullah. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Melalui Google Classsroom. Jurnal Piwulang, Vol. 2 No. 2, 129-143.

Herman, Iwan. (2020). E-Learning Berbasis Virtual classroom di Era Covid-19 (Studi Kasus MKWU PAI di Universitas Singaperbangsa Karawang). Hawari Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Vol.1 No.1.

Lubis, dkk. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. Pai Medan Di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), Vol. 1 No. 1, 1-17.

Moloeng, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Pulungan, Sahmiar. (2020). COVID 19 DALAM PERSPEKTIF FIQIH (Studi Kasus Trapi Covid Tentang Kebersihan). Jurnal Qiyas: Jurnal Hukum Islam dan Peradilan, Vol. 5, No. 2, 123-127.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful eLearning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers and Education.

Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.