Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Aktif Melalui Supervisi Klinis

Sugito, M.Pd.I

Abstract


Penelitian tindakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran aktif melalui supervisi klinis. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan pada dua guru di SMP Negeri 1 Warungasem. Pengumpulan data menggunakan: (1) studi dokumentasi, (2) observasi, dan (3) wawancara. Analisis data dilakukan dengan; (1) Mengorganisasikan Data, (2) Pengelompokan berdasarkan Kategori, Tema dan pola jawaban, (3) Menguji Asumsi atau Permasalahan yang ada terhadap Data, (4) Mencari Alternatif Penjelasan bagi Data, dan (5) Menulis Hasil Penelitian. Hasil penelitian menunjukkan guru yang pada awal penelitian belum mampu mengembangkan model pembelajaran aktif, dengan pelaksanaan supervisi klinis pada akhirnya mampu mengembangkan pembelajaran aktif dengan baik.

Keywords


kompetensi guru; active learning; supervisi klinis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.7623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.