IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1–9.
Donovan, D. (2016). Qualitative Data Analysis. Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987), 30(25), 33. https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Islam, F. P., Historis, P., Pers, C., Islam, F. P., Historis, P., & Pers, C. (2002). Qs.2:31 ".). Konsep Pendidikan Islam, 8(2), 1–9.
Lailiyah, S., & Imami, A. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Mutu. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2737–2746. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.664
LESILOLO, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Mahbubi, M. (2013). Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Pustaka Ilmu.
Mahbubi, M., & Hasanah, H. (2024). Formation of Students’ Religious Character Through Habituation of Religious Activities. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i2.8518
Mahbubi, M., & Husein, S. (2023). Sinergitas Guru dan Orangtua Dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Rasa Hormat Peserta Didik. CENDEKIA, 15(02), 194–209. http://risbang.unuja.ac.id/media/arsip/berkas_penelitian/533-Article_Text-2877-2-10-20231028.pdf
Matono, W. C., Heni, & Karolin, L. A. (2022). Implementasi Model Experential Learning sebagai Bagian dari Program Sekolah Ramah Anak. “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 159–167.
Nisa, E. N. (2021). Pendidikan Karakter Dan Keteladanan Guru Dalam Kepribadian Siswa. Pendidikan Karakter Dan Keteladanan Guru Dalam Kepribadian Siswa, 8(2), 22. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i2.5306
Nurzakiah, H., & Amelia, F. (2024). Strategi Penerapan Disiplin Positif Untuk Meningkatkan Perilaku Siswa di MTS Ciwedus. 1(3).
Rahman, K. (2018). Perkembangan lembaga pendidikan islam di Indonesia. 7(1), 1–25.
Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2020). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91.
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1–9.
Donovan, D. (2016). Qualitative Data Analysis. Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987), 30(25), 33. https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Islam, F. P., Historis, P., Pers, C., Islam, F. P., Historis, P., & Pers, C. (2002). Qs.2:31 ".). Konsep Pendidikan Islam, 8(2), 1–9.
Lailiyah, S., & Imami, A. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Mutu. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2737–2746. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.664
LESILOLO, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Mahbubi, M. (2013). Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Pustaka Ilmu.
Mahbubi, M., & Hasanah, H. (2024). Formation of Students’ Religious Character Through Habituation of Religious Activities. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i2.8518
Mahbubi, M., & Husein, S. (2023). Sinergitas Guru dan Orangtua Dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Rasa Hormat Peserta Didik. CENDEKIA, 15(02), 194–209. http://risbang.unuja.ac.id/media/arsip/berkas_penelitian/533-Article_Text-2877-2-10-20231028.pdf
Matono, W. C., Heni, & Karolin, L. A. (2022). Implementasi Model Experential Learning sebagai Bagian dari Program Sekolah Ramah Anak. “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 159–167.
Nisa, E. N. (2021). Pendidikan Karakter Dan Keteladanan Guru Dalam Kepribadian Siswa. Pendidikan Karakter Dan Keteladanan Guru Dalam Kepribadian Siswa, 8(2), 22. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i2.5306
Nurzakiah, H., & Amelia, F. (2024). Strategi Penerapan Disiplin Positif Untuk Meningkatkan Perilaku Siswa di MTS Ciwedus. 1(3).
Rahman, K. (2018). Perkembangan lembaga pendidikan islam di Indonesia. 7(1), 1–25.
Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2020). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91.
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v8i2.23127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.