INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PERILAKU SISWA DI SMAN 11 MEDAN

Khairul Anwar, Melisanti Melisanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) guru PAI merencanakan inovasi dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 11 Medan. 2) guru PAI melaksanakan inovasi dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 11 Medan. 3) hasil inovasi guru PAI dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 11 Medan. Adapun jenis penelitian beerupa penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitati deskriptif, sementara untuk tehnik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi guru PAI dalam membina perilaku siswa SMA Negeri 11 Medan perencanaan mampu dilaksanakan dengan baik, Inovasi guru PAI dalam membina perilaku siswa SMA Negeri 11 Medan pelaksanaanya dilakukan secara optimal salah satunya dilakukan melalui pengajaran dengan menyisipkan nasehat-nasehat ditengah – tengah materi selain itu juga menghubungkan antara materi dengan fakta yang ada dimasyarakat, membiasakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) sehingga Hasil inovasi guru PAI dalam membina perilaku siswa SMA Negeri 11 Medan dapat sesuai dengan apa yang telah direncanakan serta proses pelaksanaanya, inovasi – inovasi dapat dijalankan dengan baik. Penelitian ini diharapkan menambah pengetahuan dan menjadi sumber referensi bagaimana menerapkan inovasi Pembelajaran PAI dalam membina perilaku siswa.

Keywords


Inovasi, Guru, Pendidikan Agama Islam, Mmebina Perilaku, Siswa.

Full Text:

PDF

References


Armyn, H. (2004). Pendidikan Versi Muhammad Naquib Al Attas. 1, 1–14.

Bosra Mustari, Umiarso, R. A. R. (2020). Nalar Monoteistik Pendidikan: Kontemplasi Menuju Aksi. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 6, Issue August). Nuansa Cendekia.

Fauzan, A. Al. (2014). Konsep Baru Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Al-Ta’lim, 13(1), 128.

Muslih, M. (2011). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 8(1), 53. https://doi.org/10.24239/jsi.v8i1.84.53-80

Nanu, R. P. (2021). Pemikiran Syed Naquib Al-Attas Terhadap Pendidikan di Era Modern. Tarbawi, 6(1), 14–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/3436

Rahmawati, B. L., Malik, M., & Malang, I. (2023). Innovation in Teaching Arabic Speaking Skills in a Constructivism Theory Review at Nurul Hakim PPKh-KMMI Putri Kediri West Lombok Inovasi Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dalam Tinjauan Teori Kontruktivisme di Nurul Hakim PPKh-KMMI Putri kete. 2(2), 181–191.

Suedi. (2016). Pengantar Ilmu (1st ed.). PT Penerbit IPB Press.

Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Sutiyono, A., & Nabhan Perdana, M. (2023). Improving Governance of the Pesantren through Human Resource Management. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(01), 94–109.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.17426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.