IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN MDA MATHLAUL FALAH

Tuti Salamah, Undang Ruslan Wahyudin, Kasja Eki Waluyo

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementasi Metode Demonstrasi dalam pelajaran Al-Qur’an kelas II di MDA Mathlaul Falah yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dalam pelajaran Al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan siswa atau tidak. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode pendekatan study kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II pada mata pelajaran Ibadah. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang digunakan peneliti pada ruang kelas II MDA Mathlaul Falah, metode demonstrasi dalam pelajaran Al-Qur’an kurang maksimal. Dikarenakan terdapat beberapa kendala seperti siswa mudah merasa jenuh ketika teman sebayanya menyampaikan materi kurang menarik dan jika siswa tidak aktif maka penggunaan metode demonstrasi tidak efektif. Namun dalam proses belajar terdapat beberapa keunggulan seperti tumbuhnya rasa keberanian siswa dan adanya peningkatan dalam membaca Al-Qur’an lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi metode demonstrasi dalam pelajaran Al-Qur’an di MDA Mathlaul Falah Desa Cicinde Selatan Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang belum di implementasikan secara maksimal, karena terdapat beberapa kendala seperti yang dikemukakan oleh peneliti.


Keywords


Metode Demonstrasi, Pelajaran Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Jeklin. 2001 “IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DIMADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KEDEMANGAN KABUPATEN MUARO JAMBI”. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.

Mamik. 2015. METODOLOGI KUALITATIF. Surabaya: Zifatama Publisher.

Haryanto, Roni. 2020. PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI. Malang: CV. Multimedia Edukasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v8i1.17017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.