PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTS AL-FURQON KARAWANG

Siti Hikmawati, Akil Akil, Acep Nurlaeli

Abstract


Hasil belajar siswa terkait erat dengan metode pengajaran guru karena metode merupakan komponen penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, tidak ada kegiatan belajar yang dilakukan tanpa metode pengajaran. Untuk meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran, guru harus menerapkan paradigma baru dalam pembelajaan. Pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII, guru telah menggunakan metode diskusi. Dengan metode ini, siswa tidak hanya mendengarkan dan menyelesaikan tugas, tetapi mereka juga diajarkan untuk berpikir aktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk; (1) mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs Al-Furqon Karawang, (2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Al-Furqon Karawang, dan (3) mengetahui bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII MTs Al-Furqon Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis korelasional. Proses pengumpulan data dengan teknis penyebaran angket secara langsung kepada responden sebanyak 46 siswa/i, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh diperiksa menggunakan SPSS versi 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini terbukti dengan hasil persentase angket siswa sebesar 86% yaitu berada dalam kategori sangat baik. Untuk hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak terdapat dalam kategori sedang. Hal ini terbukti dengan persentase sebesar 61% atau sebanyak 28 siswa dengan kategori sedang yang berada pada interval nilai 70 ≤ x < 88. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar, karena dari hasil uji hipotesis memiliki pengaruh yang positifdan signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,647 menunjukkan adanya hubungan korelasi kuat antara Metode Diskusi dengan hasil belajar siswa. Nilai  Uji T menunjukkan nilai t-hitung sebesar 3,880 > t tabel 0,215 dengan sig. (0,000) < a (0,05).

 


Keywords


Metode Diskusi, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, dkk. (2014). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabet.

Hardisman. (2020). Tanya Jawab Analisis Data: Prinsip Dasar Dan Langkah-Langkah Praktis Aplikasi Pada Penelitian Kesehatan Dengan SPSS. Sumatera Barat: Guepedia.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.17011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.