PENGARUH KODE ETIK PROFESI TERHADAP PROFESIONALISME KINERJA STAF TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KARAWANG

Muhammad Azrial C haeriansyah, Abu Bakar Umar, Yadi Fahmi Arifudinn

Abstract


Pengaruh kode etik profesi adalah salah satu indikator dalam sebuah keprofesionalan kineja terutama terhadap tenaga kependidikan disebuah Lembaga Pendidikan sebab tenaga kependidikan yang profesional dan menegakkan kode etik profesi dalam melakasanakan tugas dapat memberikan dampak positif bagi Lembaga tersebut maka Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karawang sebagai madrasah yang unggul di kota Karawang harus menegakkan kode etik profesi dan profesionalisme yang baik dalam melakasanakan tugas sebagai tenaga kependidikan, Peneliti melakukan penelitian mengunakan metode kuantitatif guna untuk mengetahui hubungan erat antara kode etik profesi dengan profesionalisme kinerja adapun Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, penyebaran angket, uji korelasi, uji validitas, uji koefesien determinasi, uji hipotesis  hasil penelitian yang didapati menyatakan bahawa kode etik profesi sangat erat hubungannya terhadap profesionalisme kinerja mencakup 61,8% dengan analisis data menggunakan uji koefesien determinasi, Sedangkan dalam analisis menggunakan uji korelasi menyatakan nilai singnifikasi 0,173 > 0,05  dikarenakan seluruh tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karawang sudah terverfikasi dalam kode etik profesi dan profesionalisme kinerja

Keywords


Kode Etik, Profesionalisme, Kinerja Staf Tenaga Kependidikan

Full Text:

PDF

References


Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Al-Qur’an dan Terjemahannya Surat An-Nisa Ayat 58.

Ali Muh ̣ammad, Rusydi, Almuslim Sebagai Wadah Pembinaan Generasi Muda Dalam Mewujutkan Cita-Cita Bangsa yang diridhai Allah, dalam Suara Almuslim Nomor 02 Tahun I. Bulan Januari 1990 Matangglumpangdua: PT Gajah Traso, 1990

A. Marjuni. Buku Daras Filsafat Pendidikan Islam. Makassar: Alaudidin University Press, 2014.

Abintoro Prakoso, 2015 Etika Profesi Hukum, Telaah Historis, Filosofis dan Teoritis Kode Etik Notaris, Advokat, Polisi, Jaksa dan Hakim, Penerbit LaksBang Justitia, Surabaya

Agus Setiono. (2001). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan, Karakteristik Organisasi terhadap Kinerja karyawan diKaryawan Pada PT. Erajaya Swasembada, Jurnal Skripsi di publikasi.

Andreas Harefa, Membangkitkan Etos Profesionalisme. Jakarta: GramediaPustakaUtama, 2004

Afriansyah, M. R. (2019). Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Universitas Negeri Padang Indonesia ..

Adelia,S., Leksono,I P. & Subandowo,M.2019.“Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis Beyond Center and Circle Time (BCCT) di Kober Ar Rahmah kab. Gresik”. Jurnal Tunas Siliwangi.ISSN : 2476-9789 (Print) 2581- 0413 (Online).Vol. 5, No. 2.

Agung Kurniawan, 2005, Transformasi Pelayanan Publik, Pembaruan, Yogyakarta.

Ananda, R., & Fadhil, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik Dalam Pendidikan). Widya Puspita.

Ahmad M. Amrina R. 2020. Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pemasaran Jasa Pendidikan di MI Salafiyah Margomulyo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Surabaya: UIN Sunan Ampel

Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Bertens. 1994. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka

Cindy, J., & Yenni, M. (2013). Pengaruh kesadaran wajib kualitas pelayanan Pendidikan,

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (Buku). Jakarta:Depdiknas

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Dikmenli, M. 2010. Kesalahpahaman tentang pembelahan sel yang dilakukan oleh mahasiswa calon guru di biologi: Analisis Gambar. Penelitian dan Pengujian Ilmiah 5(2): 235-247 IGGS

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Firman,., (2019). Analisis problema pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.