PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH

Syti Mayang Sari, Muhammad Riduan Harahap, Ahmad Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media pembelajaran poster pada mata pelajaran fiqih, dan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dan bagaimana pemanfaatan media pembelajaran poster dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs. Alwashliyah Pantai Cermin?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan display data, penyajian data, dan meyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat penggunaan media poster dalam pembelajaran fiqih, akan membantu siswa dalam pembelajaran, menimbulkan respon yang baik dari siswa khususnya dalam pembelajaran fiqih sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dimana Minat belajar Siswa MTs Alwashliyah Pantai cermin, dapat dikategorikan baik, terlihat dari keaktifan belajar siswa ketika proses pembelajaran, timbulnya minat belajar siswa karena adanya dorongan, motivasi maupun semangat yang timbul dalam diri siswa berkat upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga berpengaruh minat belajar siswa, dan pemanfaatan media poster dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Alwashliyah Pantai cermin, setelah dilakukan tindakan ternyata penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa, mengurangi atau menghindari terjadi adanya verbalisme, membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari nilai raport dengan nilai rata-rata 82 sudah mencapai nilai pada Kriteria Ketuntasan Minimum Madrasah. Penggunaan poster sebagai media pembelajaran mampu mendukung proses belajar mengajar dua arah dan suasana belajar menjadi aktif.

 


Keywords


Media Poster, Minat Belajar, Pelajaran Fiqih, Siswa.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Buhungo, R. A. (2014). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun. Jurnal Tadbir, 2(1), 120–124.

fitria Ayu. (2014). penggunaan media audio visual. Cakrawala Dini, 5, 61.

Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan kita menulis.

Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal Padamu Negeri (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1), 19–35. https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118

Miftahul, H. 2013. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif R & D (26th ed.). Alfabeta Civy.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (3rd ed.). Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang: Guru dan Dosen. (2012). Fokusindo Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.