GERAKAN LITERASI NASIONAL DALAM PENINGKATAN LITERASI GURU PAI

Siti Nurhalizar, Mardianto Mardianto, Muhammad Irwan Padli Nasution

Abstract


Keberhasilan sebuah Pendidikan akan terlihat Ketika dapat diterima dan diterapkan oleh peserta didik. Namun dalam hal ini, tentu saja peranan guru sangat penting terutama dalam penggunaan media. Kegiatan belajar dan mengajar akan lebih mudah mencapai keberhasilan apabila dilaksanakan menggunakan metode, media dan strategi yang baik. Karena jika dibandingkan antara pembelajaran menggunakan media dan pembelajaran tanpa media pasti lebih membosankan. Hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Jika dilihat dari banyaknya jenis mata pelajaran yang diampu di sekolah, tampaknya pelajaran PAI menduduki peringkat terendah dalam penggunaan media teknologi. Hal ini menjadi pusat perhatian bagi kita bahwa perlu adanya peningkatan kemampuan penggunaan media bagi guru PAI. Ketika membahas media dan metode Pendidikan, peserta didik pada saat ini lebih menyenangi penggunaan teknologi sebagai media belajar. Hal ini dikarenakan kondisi anak yang memang hidup dalam masa teknologi seperti saat sekarang ini. Minat belajar Ketika menggunakan media teknologi tentunya akan berbeda dengan penggunaan media manual berupa buku dan papan tulis. Tapi Ketika seorang pendidik mampu mengkreasikan pembelajaran menggunakan media teknologi pasti akan menaikkan minat belajar anak. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.

 


Keywords


Literasi, Digital, PAI

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Ch. (2012) Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: Kiblat Utama.

Irma M, Hasnawi haris dan Andi Kasmawati. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kewarganegaraan Peserta Didik di SMA”. Phinisi Integration Review. Vol. 5. No. 1. 2022.

Layli Hidayah, Ganjar Setyo Widodo dan Sueb. “Revitalisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Gerakan Literasi Nasional: Studi Pada Program Kampung Literasi”. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Vol. 3. No. 1. 2019.

Tim Dosen PAI. Bunga Rampai Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Depublish. 2016.

Tim GLN Kemendikbud. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.

Tim GLN Kemendikbud. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.

Tim GLN Kemendikbud. Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.