PERSEPSI SISWA KELAS IX TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL DI MTs. LAB IKIP AL-WASHLIYAH MEDAN

Sri Pitrayani Br Padang, Syukri Azwar Lubis, Susanti Nirmalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas IX tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPL di MTs Lab. Ikip Al-Washliyah Medan dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas IX tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPL di MTs Lab. Ikip Al-Washliyah Medan. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskripif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan Teknik Analisa data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi siswa terhadap keterampilan mahasiswa  PPL dalam mengelola kelas di sekolah dengan hasil penelitian yang diperolehialah keterampilan mahasiswa PPL dalam mengelola kelas di sekolah MTs. LAB IKIP Al-Washliyah Medan secara garis besar telah menunjukkan hasil yang cukup baik karena dalam pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL telah memperhatikan berbagai segi dalam memulai kegiatan pembelajaran, berdasarkan segi perencanaan, segi pengorganisasian kelas, segi bimbingan kelas dan dari segi koordinasi serta segi pengawasan yang terlaksana dengan cukup baik. 2) Faktor yang mempengaruhi persepsi siswa adalah bahwa mahasiswa PPL telah memenuhi perinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas meliputi: menciptakan kehangatan dan keantusiasan, menggunakan kata-kata atau tulisan yang mudah dimengerti siswa, dan menggunakan alat/media sesuai kebutuhan sehingga mampu menarik perhatian dan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pengalaman yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik atau guru dalam rangka membentuk calon pendidik yang professional dan menjadi contoh atau suri tauladan yang baik kepada calon siswanya.dan untuk melatih pembiasaan calon guru dalam merealisasikan ilmu yang telah diperoleh selama dibangku perkuliahan.


Keywords


Persepsi, Kemampuan Mengajar, Mahasiswa PPL.

Full Text:

PDF

References


Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Armanila, K. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Guru, P., Dalam, P. P. L., & Siswa, P. (2006). Profesionalisme guru ppl dalam persepsi siswa. 1–2.

Haudi. (2020). Dasar-dasar Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri. https://doi.org/978-623-6977-61-3

Kholis, N. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487

Melaksanakan, D., & Di, P. P. L. (2016). PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KETERAMPILAN KONSELING MAHASISWA BK DALAM MELAKSANAKAN PPL DI SEKOLAH Khairul. 1(1), 57–64.

Nugroho, W., & Practice, L. I. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Calon Guru Matematika Pada Praktik Magang Blended Learning. 250–260.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Suwahyu, M. (2017). Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan ( PPL ) Dengan Minat Belajar Siswa. 5(2), 224–231.

Syakdiyah, A. N., Dwihartanti, M., Perkantoran, P. A., Ekonomi, F., Yogyakarta, U. N., & Mengajar, K. (n.d.). Persepsi Siswa terhadap …. ( Arin Nafi Syakdiyah ) PERCEPTION OF STUDENTS ON TEACHING SKILLS OF PPL UNY STUDENTS.

Terhadap, P. P. L., Belajar, M., Di, S., Negeri, S. D., & Makassar, S. (2020). Jurnal Riset Pendidikan Dasar PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN GURU THE INFLUENCE OF STUDENT PERCEPTIONS ABOUT PPL TEACHER LEARNING PROCESSES ON STUDENT LEARNING MOTIVATION IN SD NEGERI. 03(April), 103–109.

Universitas, P., & Yogyakarta, N. (2015). PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG): STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA Ratna Rosita Pangestika & Fitri Alfarisa. 1995, 671–683.

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Widiyastutik, D. (2013). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Profil Mahasiswa PPL ( Praktik Pengalaman Lapangan ). 1(2), 49–57.

Yeboah, R., Asante, E. A., & Opoku-Asare, N. A. (2016). Teaching Interactive Art Lessons with Recycled Waste Materials as Instructional Resources. Journal of Education and Practice, 7(14), 38–59. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1102965&site=ehost-live




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.