KOLABORASI PENYULUH AGAMA ISLAM DAN MASYARAKAT DALAM MENGENTASKAN BUTA AKSARA ALQURAN DI KECAMATAN SAWO KABUPATEN NIAS UTARA

Indra Wahid Tanjung, M. Syukri Azwar Lubis, Ade Rahman Matondang

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kolaborasi yang dilakukan penyuluh agama Islam dan masyarakat dalam mengentaskan buta aksara Alquran di Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara dan untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat penyuluh agama Islam dalam mengentaskanbuta aksara Alquran di Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang diguankan berupa display data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kolaborasi yang dilakukan penyuluh agama Islam dan masyarakat dalam mengentaskan buta aksara Alquran yaitu dengan membangun hubungan pendekatan kepada masyarakat yang menyelenggarakan Belajar Baca Al Quran (BBQ) dan mengadakan proses pembinaan terhadap evaluasi mingguan dan evaluasi bulanan. 2) Faktor penghambat dalam mengentaskan buta aksara Alquran di Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara adalah rasa malu, mudah tersinggung, putus asa, dan kurang percaya diri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan yang dapat memberikan informasi tentang cara mengentaskan buta aksara Alquran di Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara.


Keywords


Kolaborasi, Penyuluh Agama Islam, Masyarakat, Buta Aksara Alqur’an

Full Text:

PDF

References


Fiddaroyni, F. S., Hurumi, I., & Sobah, N. N. (2022). Peran Penyuluh Agama dalam Upaya Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur ’ an di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. NUN; Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir Di Nusantara, 8(1), 25–43. https://doi.org/10.32495/nun.v8i1.338

Majelis, P., Dalam, T., Buta, P., & Rafii, M. (2022). AKSARA ARAB DI DESA PANGEDARAN. 1, 22–38.

Mulyono, A. (2014). Pemberdayaan Penyuluh Agama dalam Peningkatan Pelayanan Keagamaan di Kota Medan. Harmoni: Jurnal Multikultural & Multireligius, 13(2), 159–175. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/133

Nata, A. (2018). Pendidikan Perspektif Alquran. Prenada Media Group.

Rahmat Hidayat. (1967). Peran Penyuluh Agama Dalam Kehidupan Beragama Guna Meningkatkan Keluarga Sakinah (Study Kasus Pada Majelis Ta’lim Al-Muhajirin Sukarame Ii Bandar Lampung). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(Mi), 5–24.

Saeed Abdullah. (2016). Alqur’an Abad 21: Tafsir Kontekstual, terj: Ervan Nurtawab. Mizan Pustaka.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (3rd ed.). Alfabeta.

Vela, A. (2021). Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Memberikan Pelayanan Kerohanian Masyarakat Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah Di Masa Pandemi Covid-19. Al Wathan: Jurnal Studi Keislaman, 2(02), 107–131.

Ware III, R. T. (2014). The Walking Qur’an: Islamic Education Embodied Knowledge, and History in West Africa. The University of North Carolina Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.