PENERAPAN METODE INSERSI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAMI KEPADA SISWA DI MTs AL WASHLIYAH SEI KEPAYANG

Mardiana Manurung, Muhammad Riduan Harahap, Ahmad Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode insersi dalam penanaman nilai-nilai Islami kepada siswa Di MTs Al Washliyah Sei Kepayang. Jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan data deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Al Washliyah Sei Kepayang merupakan sekolah yang barnuansa Islam terbukti dari seorang guru mata pelajaran umum yaitu Bahasa Indonesia di kelas VII dalam penanaman dan pengembangan nilai-nilai Islam kepada siswa menerapkan metode insersi pada saat proses pembelajaran yang dilakukannya di dalam kelas dapat menghubungkan atau mengaitkan materi yang disampaikannya sesuai dengan nilai-nilai Islam yang akan ditanamkannya kepada siswa, melalui penerapan metode insersi guru bisa menyelipkan ajaran-ajaran moral keagamaan. Penerapan metode insersi kepada siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII MTs Al Washliyah Sei Kepayang akan memberikan motivasi dan bentuk positif bagi siswa, karena dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa akan memperoleh nilai-nilai Islam yang dapat menjadi pendorong bagi perubahan karakter dalam diri siswa di MTs Al Washliyah Sei Kepayang yang mana bisa tercermin dalam sikap, perilaku dan perbuatan moralnya. Nilai-nilai Islam yang ditanamkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi menjaga lisan, menghormati orang tua, sopan santun, jujur, sabar dan disiplin agar terbentuknya manusia yang bertaqwa, berilmu, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.

 


Keywords


Metode Insersi, Penanaman, Nilai-nilai Islami, Siswa.

Full Text:

PDF

References


gus, Z. (2019). Konsep Pendidikan Islam Bagi Remaja Menurut Zakiah Daradjat Zulkifli Agus. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 12–24.

Angdreani, V., Warsah, I., & Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan : Upaya penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong A . Pendahuluan Salah satu kompetensi yang harus diperoleh oleh siswa dalam pembelajaran pendidikan Islam adalah kemampuan untuk mengaplikasikan pesan dari mate. At-Ta’lim, 19(1), 1–21.

Armanila, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 63. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5480

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Gunawan, H. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Alfabeta.

Hasanah, A. (2022). Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pendekatan Integratif pada Mapel Rumpun PAI di Madrasah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan …, 11(1), 741–752. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900

Khadijah. (2014). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Munirah, Andi Amiruddin, Atika Achmad, S. R. R. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Journal Unismuh, 1–18.

Ofori, D. A., Anjarwalla, P., Mwaura, L., Jamnadass, R., Stevenson, P. C., Smith, P., Koch, W., Kukula-Koch, W., Marzec, Z., Kasperek, E., Wyszogrodzka-Koma, L., Szwerc, W., Asakawa, Y., Moradi, S., Barati, A., Khayyat, S. A., Roselin, L. S., Jaafar, F. M., Osman, C. P., … Slaton, N. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Molecules, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052

Seila Rixkina, Armanila, Amsi Yuningsih, W. F. (2022). Guru dan Strategi Penanganan Pada Anak Dengan Masalah Emosional Abstrak. 10(2), 1–11.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 Tahun 2003 (4th ed.). (2007). Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.