ANALISIS HASIL KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN TINJAUAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL

Munawir Munawir, Izni Nurul Ambami Zahire, Erna Munjidatul Anggraini

Abstract


Pembelajaran akidah akhlak memiliki permasalahan dalam berlangsungnya pelaksanaan pembelajaran salah satunya yaitu permasalahan yang sering ditemukan adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Permasalahan tersebut akan mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga, diperlukan adanya solusi untuk meminimalisir dari kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran. Pemahaman kognitif anak adalah suatu hal penting dalam pendidikan karena, jika anak memahami materi pembelajaran dengan maksimal, maka pemahaman kognitif anak juga akan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji beberapa jurnal untuk menganalisis pemahaman kognitif siswa dalam pembelajaran akidah akhlak dengan meninjau adanya efektivitas pembelajaran dengan media pembelajaran audio visual. Metode penelitian untuk kajian artikel berikut yang digunakan adalah studi literatur. Metode literatur yaitu pendekatan yang digunakan untuk mengumpulkan, mengkaji, dan menganalisis karya literatur atau penelitian yang relevan dengan topik yang sedang dipelajari. Beberapa jurnal yang dianalisis menghasilkan bahwa, pembelajaran yang dalam pelaksanaannya dengan adanya media audio visual dalam proses pembelajaran, pemahaman kognitif anak semakin meningkat. Dari lima jurnal yang dianalisis, menghasilkan nilai kognitif anak meningkat dengan rata-rata peningkatan yang bervariasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan jika pembelajaran akidah akhlak dengan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa madrasah ibtidaiyah atau sekolah dasar.

Keywords


hasil kognitif siswa; pemahaman kognitif; akidah akhlak; media audio visual; madrasah ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Ali Nur Aida, L. ’, Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.

Andriani, O. :, Rif'atur Rofiqoh, G., Ridho, D., Juwantara, A., Lampung, B., & Pgri, S. (2023). Increasing Akidah Akhlak Learning Outcomes Through The Use Of Audio Visual Media In Students IV MIN 7 Bandar Lampung. (Vol. 5, Issue 2).

Banna, D. A. (2019.). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus di MIN Al Fitrah Lanraki. (Vol. 16, Issue 1).

Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72–92.

Endrasto Yohan, M. (2021). Implementasi Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak “Aku Anak Saleh” Kelas IV Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti SD Negeri Semantun. Palangka Raya: Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Palangka Raya.

Habibulloh Habib, M., Fuadi, I., & Masrokan Mutohar, P. (2023). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 61–71.

Hidayat, S., Nurjanah, S., Utomo, E., Purwanto, A., Studi, P., Sumber, M., Manusia, D., & Pascasarjana, F. (2023). Perkembangan Pendidikan Di Indonesia : Systematic Literature Review.

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Murabbi, 5(1), 1–8.

Norma Sari, F. (2023). Pemanfaatan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V MI. Ibtida’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(1). 01-11.

Purwaningrum, A., Pendidikan, P., Guru, P., & Palangkaraya, I. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Sikap Bersyukur Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 3 MI Muhammadiyah Gonilan. 2(2).

Sholeh, A. (2022). Analisis Instrumen Penilaian Kelas Domain Kognitif Guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 3076–3085.

Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, T., Sitorus, E., Silitonga, H. P., Sutrisno, E., Purba, B., & Makbul, R. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.

Solihin, R. (2021). Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah. Penerbit Adab.

Suryana, A., Noviansyah, I., & Tamara, F. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ilmi Citeureup Bogor. Edu Inovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 112–132

Tameon, S. M. (2018). Peran Bermain Bagi Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 26–39.

Zuhro, I. N., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Materi Perilaku Terpuji di Mi Miftahul Hidayah Glundengan, Wuluhan, Jember. Pesat. 7(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v8i2.16844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib