IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS AL-MUAWANAH CILAMAYA
Abstract
Peserta didik dalam sebuah Pendidikan merupakan unsur yang paling penting karena peserta didik merupakan bagian masyarakat yang memiliki upaya untuk mengembangkan potensi diri, minat dan bakat dengan memasuki Pendidikan sesuai jenjangnya masing-masing. Penelitian ini dilakukan guna untuk melihat proses manajemen peserta didik agar berhasilnya tujuan Pendidikan di MTs Al-Muawanah Cilamaya. Jenis penelitin ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi manajemen peserta didik di MTs Al-Muawanah sudah cukup baik adapun manajemen peserta didik adalah :1) Penerimaan peserta didik baru, 2) orientasi peserta didik, 3) Pembinaan dan Pengembangan peserta didik, 4) Pencatatan dan pelaporan, 5) Kelulusan dan Alumni. Dapat disimpulkan bahwa secara umum MTs Al-Muawanah telah melaksanakan manajemen peserta didik sesuai dengan indikator manajemen peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, a. H. S. Dan Adrianus. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan Nvivo.
Kencana.
Astuti, A. (2021). Manajemen Peserta Didik. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 133-144.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet V, 2004.
A,Fuchan. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Yogyakarta: PustakaPelajar, 2004.
Creswell j.w. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima
Pendekatan. Ust-Press.
Palah, R. N., Erihadiana, M., & Syah, M. Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Ikapi. (2006). Uud rino 20 tahun 2003 Sisdiknas. Permana.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta,
Arikunto, Suharsimi. Organisasi dan Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada, 1993
Suryo Subroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta.
Sukmadinata, n, s. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suwardi dan Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik, Yogjakarta: Gava Media.
Tim Dosen Administrasi Universitas Pendidikan Indonesia. 2013. Manajemen Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
Umar Yusuf. Jurnal Online. Manajemen Peningkatan Madtasah Bermutu. 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.
Jam Kerja
09.00 -17.00 Wib