PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 TEMPURAN

Dewi Mayasari Alifia Agustin, Amirudin Amirudin, Iqbal Amar Muzaki

Abstract


Supervisi akademik merupakan bantuan dari pengembangan situasi belajar mengajar agar dapat memperoleh situasi yang lebih baik lagi. Supervisi akademik memiliki sifat yang lebih mengarah pada personalia sekolah. Tugasnya bertanggung jawab terhadap aspek-aspek tujuan sekolah dan tergantung kepada para personalia yang lain. Tujuannya yaitu untuk menolong mereka menyelesaikan tugasnya kepada sekolah yang bersangkutan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya agar dapat menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan oleh kepala sekolah smpn 2 tempuran, maka kepala sekolah harus mampu melaksanakan berbagai pengawasan dan pengendalian guna meningkatkan proses belajar mengajar. Pengawasan dan pengendalian ini untuk mengkontrol agar kegiatan akademik di sekolah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah berperan sebagai supervisor tugasnya untuk pengawas, pengendali, pembina, pengarah, dan pemberi contoh kepada guru-guru lain.


Keywords


Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kualitas guru

Full Text:

PDF

References


Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. PARAMETER, 7(1), 26–40.

Harahap, Baharudin. Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Ciawijaya. 1983.

Dalanggo, H. (2019). Strategi perencanaan supervisi akademik kepala madrasah. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 5(4), 381–388.

Maunah. Supervisi Pendidikan Agama Islam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Teras, 2020.

Muriah Siti, (2019), Peran Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 03. 1-4.

Sehartian Piet A, Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.