PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 7 DI MTS AL-IANAH KOSAMBI

Nurul Anisa, Lilis Karyawati, Nia Karnia

Abstract


Perilaku prokrastinasi di lingkungan akademik di masa kini adalah suatu sikap yang umumnya terlihat, bahkan sejak usia siswa sekolah dasar. Hal seperti prokrastinasi tentunya tidak cukup baik untuk dijadikan suatu kepribadian. Sebab selain mempengaruhi nilai hasil belajar, hal tersebut juga membuat siswa lama-kelamaan menjadi kurang percaya diri, tidak bisa mengidentifikasi skala prioritas, serta kurang pandai dalam mengatur waktu. Berdasarkan apa yang terjadi di lapangan, terdapat gejala-gejala prokrastinasi pada siswa kelas 7 di MTs Al-Ianah Kosambi. Peneliti kemudian bermaksud untuk melakukan penelitian kuantitatif kausal-komparatif dengan metode expost-facto atas variabel x (prokrastinasi akademik) terhadap variabel y (hasil belajar bahasa Arab). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi hasil PAT siswa, untuk kemudian dianalisis dengan uji statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai thitung terhadap ttabel adalah -3,109 < 1,66 dengan nilai signifikansi memiliki besaran 0,003 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, prokrastinasi akademik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab kelas 7 di MTs Al-Ianah Kosambi.


Keywords


Prokrastinasi Akademik, Hasil Belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anisa, A., & Ernawati, E. (2018). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Biotek, 6(2), 88. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6256

Aulia, I. N. (2020). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar (Penelitian Korelatif pada Kelas 5 SD Al-Fath, Cirendeu). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Basri, A. S. H. (2017). A. Said Hasan Basri. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas, 14(2), 54.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

hitung = 20,56. (2020). 2(1), 44–49.

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.

Miftahuddin. (2021). Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMA Negeri 5 Makassar. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 55. https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3070

Syafhira, S. (2022). Panduan Pelatihan Mereduksi Prokrastinasi Akademik: Buku Siswa SMA/Sederajat. Jakarta: UNJ.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.