PERAN ORANG TUA DALAM KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK DI KECAMATAN TELUKJAMBE KABUPATEN KARAWANG

Tiara Febriyanti, Masykur H Mansyur, Jaenal Abidin

Abstract


Di zaman canggihnya teknologi sekarang, banyak anak-anak yg lebih tertarik bermain game dibanding menghafal Al-Qur'an. Gadget  merupakan teknologi yang sering dibawa oleh anak. Anak yang kecanduan gadget akan sangat mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Menjadi seorang penghafal Al-qur’an adalah keinginan semua orang tua. Namun untuk mendapat tujuan mulia tersebut memerlukan perjuangan yang sangat kokoh dan tangguh. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak menjadi penghapal Al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menghafal Al-qur’an anak. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.   subjek pengumpulan data yaitu orang tua dan anak di Kecamatan Teluk Jambe Kabupaten Karawang. Adapun teknik analisis data yaitu Reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua sangat memprioritaskan pendidikan anak terutama dalam menghafal Al-quran. Peran orang tua  juga sangat baik dalam menghafal al-qur’an anak. Peran orang tua dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an anak di kecamatan Telukjambe Karawang yang dilaksanakan orang tua dalam peranannya mendidik anak, diantaranya: Memberi Contoh dan Memberi Perintah untuk Mencontoh,Memberi Dorongan (Motivator), Memberi Tugas dan Tanggung Jawab dan Memberi Kesempatan Mencoba, Menciptakan Situasi yang Baik, Mengadakan Pengawasan dan Pengecekan. Dengan adanya peran tersebut dapat menjadikan anak lebih mencintai Al-qur’an ketimbang dunia luar yang sedang marak terjadi memberikan dampak negatif kepada anak.

 


Keywords


Menghafal, Al-Qur’an, Peran Orang Tua,Anak,Perkembangan

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Anisa, E. (2020). KOLABORASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA SDIT TAHFIZUL QUR’AN AN-NUR KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.Repository.Iainbengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4255

Kerubun, A. (2016). Menghafal Al-Qur’an Dengan Menyenangkan. CV. Absolute Media.

Khairunnisa, D. H. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Sdit Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan Kota Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. i–73. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3196/

Ni’mah Azimatun. (2021). Tahfid Al-Qur’an Guidance. CV Global Aksara Pres.

Nikmah, A. K. (2020). Upaya Orang Tua Hufaz Dalam Mendidik Anak Cinta Al-qur’an Di Kelurahan Gunung Terang Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung. 21(1), 1–9.

Santrock, J. W. (2012). Life -Span Development Perkembangan Masa Hidup (13th ed.). Life -Span Development Perkembangan Masa Hidup.

Syatina, H., Zulfahmi, J., & Agustina, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.475




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.