IMPLEMENTASI INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN DI TK RIZKY ANANDA

Putri Aulia, Nurlaili Nurlaili

Abstract


Evaluasi pembelajaran perlu dilakukan untuk mengetahui capaian pembelajaran yang diperoleh anak. Evaluasi ini membutuhkan jenis instrumen untuk mempermudah proses penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis instrumen yang ada di TK Rizky Ananda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil observasi tersebut bahwa di TK ini menggunakan 6 jenis instrumen pembelajaran, yaitu lembar observasi, lembar tugas buatan guru, catatan anekdot, portofolio, tanya jawab/percakapan, dan unjuk kerja. Penggunaan instrumen evaluasi berjalan dengan baik namun guru yang ada di TK tersebut tidak semua mampu untuk mengevaluasi pembelajaran menggunakan instrumen. Pada akhirnya, guru yang mampu menggunakan instrumen kewalahan dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini.


Keywords


Instrumen, Evaluasi, Pembelajaran Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Agustina, A., & Retnowati, T. H. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(2), 128–140.

Amelia, Z., Nursoha, & Meiliyanti, A. (2021). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Di BKB PAUD Gemilang Kebagusan Jakarta Selatan. JMECE: Journal of Modern Early Childhood Education, 11(1), 34–39. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/348/166

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur,.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.

Nurlaili. (2018). Evaluasi pembelajaran aud.

Putra, W. (2018). Jurnal Pencerahan STAB Syailendra Dhika Wiratama, Setyaningsih, Sukodoyo Evaluation on the Performance of Teaching Wira Putra Nursery School. 11(11), 63–82.

Satriyana, A., Syafri, F., & Akbarjono, A. (2022). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Belajar dari Rumah di Kota Bengkulu. 6(6), 5897–5912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1633

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.