PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP ISLAM KARAWANG

Dandi Dandi, Khalid Ramdhani, Ajat Rukajat

Abstract


Untuk mencapai tujuan dari pembelajaran pendidikan agama Islam, guru berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Tujuan tersebut dapat diwujudkan dengan proses mengajar dengan perencanaan pembelajaran yang tepat, salah satunya pemilihan metode pembelajaran yang dapat menghidupkan suasana kelas agar terlihat aktif. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bagian dari materi pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk dapat merealisasikan tujuan pendidikan  Nasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Karawang dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara guna mendapatkan informasi terkait penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, guru meyiapkan langkah-langkah pembelajaran. Kedua, guru memberikan arahan kepada siswa terkait penggunaan metode maind mapping. Adapun hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran: pertama, waktu. Kedua, hanya siswa aktif yang terlibat, ketiga Tidak sepenuhnya murid yang belajar. Keempat, Jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan. Untuk mengatasi hal tersebut guru pai di SMP Islam Karawang harus lebih aktif lagi dalam memotivasi siswa untuk belajar dan untuk mengarahkan pembuatan mind mapping dengan menyesuaikan materi yang dibahas.

Keywords


Pendidikan, agama Islam, mind mapping

Full Text:

PDF

References


Asqalani. (2017). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pai siswa kelas viii smpnegeri 1 peukan bada aceh besar.

Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Mapping. Gramedia.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembalajaran. Rineka Cipta.

Hernarcki, M., & Deporter, B. (2011). Quantum Learning. Kaifa.

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Muharomah, S. (2009). Penerapan Metode Mind Mapping. Sakti.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Nuraini. (n.d.). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di kelas iv min 39 bukloh aceh besar.

Rahman, N. (2013). Manajemen Pembelajaran (Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum). Pustaka Felicha.

Ramayulis. (2001). Metodologi pengajaran agama Islam. Kalam Mulia.

Sanjaya, W. (2018). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan (10th ed.). Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rieka cipta.

Supriati, T. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.