ANALISIS FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA MINAT PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH (DTA)

Suci Noor Shopia, Ferianto Ferianto

Abstract


Pendidikan madrasah diniyah takmiliyah merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan islam non formal yang mana dilaksanakannya secara terstruktur dan berjenjang sebagai pelengkap pelaksanaan pendidikan agama islam pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Dengan berkembangnya zaman, pendidikan non formal seperti sekolah DTA semakin menurut peminatnya, hal ini dirasakan oleh sekolah DTA Mathlaul Falah Banyusari. Dalam tahun Ketahun penerimaan siswa baru mengalami penurunan. Dengan adanya kasus tersebut, penting kiranya dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab menurunnya minat pendidikan DTA Mathlaul Falah. Tujuan ini diharapkan dapat memberikan sumbangan kepada seluruh lembaga madrasah non formal untuk meningkatkan kualitas pendidikan DTA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab menurunnya minat pendidikan di DTA Mathlaul Falah adalah: Pertama, faktor orang tua seperti kondisi ekonomi yang tidak tetap, kurangnya perhatian orang tua dalam memilih Pendidikan Islam. Kedua, Faktor Lingkungan seperti Orang tua lebih bangga dalam mengutamakan anaknya lebih bagus dalam ke jenjang Pendidikan formalnya dari pada Pendidikan islam, serta pengaruh IPTEK. Ketiga, Faktor seperti rasa malas pada anak, menambah tugas anak, faktor lingkungan, serta kurangnya arahan orang tua dalam memberikan ajaran  Pendidikan Islam. Keempat, faktor pembelajaran seperti kurangnya prasarana, kurangnya metode pembelajaran yang digunakan, serta kurangnya promosi

Keywords


DTA, pendidikan non Formal

Full Text:

PDF

References


Arlina. (2023). Analisis Faktor Penyebab Menurunnya Minat Mengaji Dan Solusinya Bagi Anak Usia Sekolah Di Desa Tanah Tinggi Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara Arlina. Jurnal Mudabbir, 3, 88–97.

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Gading, D. T. A. A., Hamidah, A. N., & Wahyudin, U. R. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 524–527.

Haji, K., Siddiq, A., Studi, P., Agama, P., & Fitriani, D. (2022). Implementasi Active Learning Metode Card Sort Madrasah Aliyah Al Haq Benculuk Banyuwangi Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Juni 2022 Implementasi Active Learning Metode Card Sort Madrasah Aliyah Al Haq Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021 / .

Istiyani, D. (2017). Tantangan dan Eksistensi Madrasah Diniyah sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam di Indonesia. Edukasia Islamika, 2(1), 127. https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1665

Miftahudin, A. M., & Rasyid, M. (2022). Implikasi Pendidikan Dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125 Tentang Mau’izhah Hasanah Terhadap Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidik. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 677–683. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.4303

Mustofa, T., Farida, N. A., & Ferianto. (2023). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM. 8(1), 44–54.

Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. Ideas Publishing, 1–159.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.

Sobihah, Z. (2020). Pendidikan Karakter ( Akhlak ) Dalam Perspektif Islam. 04, 78–90.

Sun’iyah, S. L. (2021). Peran Agpaii Dalam Learning Community Dan Learning Management System Bagi Guru Pai. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 114–132. https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i1.2445

Yuliawan, E. K. O. (2018). Eko yuliawan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v8i1.16233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.