URGENSI PENGUATAN LITERASI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN PAI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA INTERNET

Indah Syafiqah Lubis

Abstract


Perubahan zaman yang dirasakan pada saat ini adalah kemajuan dan kecanggihan teknologi dan media internet. Segala informasi kini dapat diakses melalui internet. Sehinga memicu kecendrungan dan ketergantungan peserta didik bermedia internet dalam mendukung kegiatan proses pembelajaran. Maka kemampuan literasi informasi bermedia internet perlu ditanamkan dan ditingkatkan Kembali. Tujuannya untuk menjadikan peserta didik yang tidak hanya beriman dan bertaqwa, namun dapat menjadi pendidik yang mempunyai kemampuan dalam menelaah, mengidentifikasi, mengelompokkan, menggali segala informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan akurat informasinya.

Tak hanya peserta didik, pendidik juga perlu dalam menggali dan membekali diri bagaimana beretika dalam bermedia internet dan mengkounter hal-hal negative akan penggunaan media internet dalam aktifitas proses pembelajaran. Seluruh kemampuan tersebut harapannya bisa mendorong ketercapaian pembelajaran Pendidikan agama Islam.


Keywords


Literasi; PAI; Internet

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Muhammad Yusuf, And Siti Nurjannah. 2016. “Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Emosional Siswa .” Jurnal Al Hikmah Vol. 13 No. 1.

Ahmad, Yusuf, And Siti Nurjannah. 2016. “Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Kecerdasan Emosional Siswa.” Jurnal Al Hikmah Vol. 13 No. 1.

Ainiyah, Nur. 2017. “MEMBANGUN PENGUATAN BUDAYA LITERASI MEDIA DAN INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN.” JPPI Volume 2, Nomor 1.

Astuti, Sri. 2021. “STRATEGI PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 3 METRO.” Institut Agama Islam Negeri Metro.

Basinun N. 2018. “Konsepsi Literasi Informasi (Information Literacy) Dalam Pendidikan Islam.” Al Maktabah Vol. 3(No. 1): 26–36.

Dewi, Anisa Maulisa. 2022. “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI SULTAN FATAH DEMAK.” Universitas Islam Negeri Wali Songo.

Elihami. 2018. “PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI.” Jurnal Edumaspul, Vol. 2 N0.1.

Fajriana, Anggun Wulan, And Mauli Anjani Nur Aliyah. 2019. “Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Volume 2 Nomor 2.

Hastono, Anton. 2018. Literasi Informasi: SNIPER Internet Untuk Netizens. Lampung: CV Perahu Litera Group.

Himayah. 2021. “STRATEGI LITERASI INFORMASI DALAM PENCARIAN REFERENSI ILMU KEISLAMAN.” JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 12 No. 2.

Lien, Diao Ai Et Al. 2020. Literasi Informasi: 7 Langkah Knowledge Management. Cetakan Ketiga. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Mariyani, Indah. 2021. “Pemanfaatan Media Internet Sebagai Literasi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidkan Agama Islam Di SMKN 2 Palopo.” Institut Agama Islam Palopo.

Maryono, Y, And B. Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Quadra.

Mudhafir, Fadhlan. 2000. Krisis Dalam Pendidikan Islam. Cet. 1. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Nurdiyana Et Al. “PENGUATAN LITERASI INFORMASI DAN MEDIA DIGITALREMAJA GENERASI MILENIAL.” Abdi Laksana Volume 2 Nomor 3: 545–51.

Pattah, Sitti Husaebah. 2014. “Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Perpustakaan & Kerasipan Khizanah Al Hikmah Volume 2 Nomor 2: 117–28.

Purwaningtyas, Franindya. 2018. “Literasi Informasi Dan Literasi Media.” Jurnal Iqra’ Volume 12, Nomor 2.

Rahman, Danial. 2018. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Informasi.” Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi Volume 2 Nomor 3.

Saputra, Muhammad Indra, And Muhammad Chandra Syahputra. 2021. “Penanaman Paham Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam .” Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam Volume 12 Nomor 2: 360–65.

Sulistyo, Agus. 2021. “Urgensi Dan Strategi Penguatan Literasi Media Dan Digital Dalam Pembelajaran Agama Islam.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3, No. 2: 129–39.

Sumartias, Suwardi, Priyo Subekti, And Fajar Syuderajat. 2022. “Literasi Informasi Dalam Penggunaan Media Sosial.” Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat Vol. 2 No. 4: 302–9.

Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Dan Teknologinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.