PEMBELAJARAN MEMBACA AL QURAN MELALUI METODE AL BARQY PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL KARIM TANJUNG MORAWA

Nur Azizah Amini Ray, Armanila Armanila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan metode Al-Barqy dalam pembelajaran baca tulis al- Qur'an pada anak, pelaksanaan Metode al-Barqy dalam Pembelajaran Baca Tulis alQur'an pada Anak serta  penilaian metode al-Barqy dalam pembelajaran baca tulis al Qur'an pada anak kelompok B di RA Al Karim Tanjung Morawa. Melalui metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisa data meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan metode al-Barqy dalam pembelajaran baca tulis al-Qur"an dengan langkah melakukan pelatihan pada setiap guru, pelatihan ini diharapkan setiap guru harus mengetahui didaktik dan metodik dalam mengajar dengan petunjuk-petunjuk yang benar, dalam pelaksanaan terdapat perbedaaan antara kelas yang atas dan kelas yang bawah. Kelas atas untuk kelas al-Qur"an memiliki tata laksanan sendiri yaitu dengan pembukaan guru mengucap salam dilanjutkan membaca doa. Setelali doa maka dilanjutkan dengan berbagai agenda sesuai jadwal yang semuanya tertulis dalam silabus. Ada kalanya hafalan juz amma, Tajwid, doa sehari-hari

Keywords


Membaca Al Qur’an, Metode Al Barqy, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Aini, N., A. Armanila, and M. R. Harahap. 2021. “Pembiasaan Pola Hafalan Ayat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Luqman Al-Hakim, Kalangan, Tapanuli Tengah.” Hibrul Ulama 3(2):31–40.

Gall, W. R. Borg dan M. D. 1983. Educational Reasearch. New York: Longman.

Maharani, Sri, Pendidikan Guru, Pendidikan Anak, Usia Dini, and Universitas Negeri Padang. 2020. “Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Anak Usia Dini.” 4:1288–98.

Maskur, Abu. 2018. “Pembelajaran Tahfidz Alquran Pada Anak Usia Dini.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1(02):188–98. doi: 10.37542/iq.v1i02.15.

Mattson Inggrid. 2013. Ulumul Qur’an Zaman Kita Pengantar Untuk Memahami Konteks, Kisah Dan Sejarah Al-Qur’an. Yogyakarta: Mizan.

Ramadhani, R. 2018. “Pengaruh Kemampuan Dalam Membaca Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Peserta Didik.” Tadbir Muwahhid 2(1):1–10.

Setiawan, Dedi Indra. 2015. Pelaksanaan Kegiatan Tahsin Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Di Ma’had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Mlang.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

Taja, Nadri, Dinar Nur Inten, and Arif Hakim. 2019. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an Bagi Guru.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):68. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.135.

Ware III, Rudolph T. 2014. The Walking Qur’an: Islamic Education Embodied Knowledge, and History in West Africa. Amerika: The University of North Carolina Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.