PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN AIR DI TK ALFATH MEDAN

Armanila Armanila, Maisyarah Lubis

Abstract


Perkembangan kognitif berkaitan dengan daya pikir, kemampuan dalam memproses informasi dan memecahkan masalah. Kemampuan ini sangat berkaitan erat dengan kegiatan anak dalam menghadapi berbagai informasi dan permasalahan baik dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan yang bersifat akademik di sekolah. Perkembangan kognitif anak dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan salah satunya kegiatan bermain air. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa TK AlFath Medan yang berjumlah 16 orang anak. Kemampuan kognitif anak di TK AlFath belum berkembang secara maksimal, oleh karena itu guru berupaya dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK AlFath Medan melalui kegiatan bermain air, yakni percobaan sederhana terapung dan tenggelam. Setelah dilakukan kegiatan bermain air seluruh perkembangan kognitif anak telah mengalami perkembangan. 12 orang anak mendapat hasil penilaian rata-rata Berkembang Sangat Baik dan 4 orang anak mendapat hasil penilaian rata-rata Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil penilaian ini maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain air dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK AlFath Medan

Keywords


Perkembangan Kognitif, Bermain Air, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Armanila, Armanila. 2021. “Implementasi Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama Pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman).” Jurnal Raudhah 9(1):109–25. doi: 10.30829/raudhah.v9i1.946.

Armanila, Armanila, Anis Turtati, Ayu Syarani Siregar, and Seroja Malem Skd. 2022. “Hubungan Interior Belajar Dan Bermain Terhadap Perkembangan Bahasa AUD.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8(1):77–93.

Armanila, Khadijah. 2018. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Astrini, Wulan. 2020. “Pengaruh Interior Ruang Belajar Dan Bermain.” (August):1–16.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Hasnah Siaahan1, Armanila2, Veryawan3. 2022. “Studi Kasus : Penanganan Anak Tunadaksa (Cerebral Palsy).” Jurnal Pelangi 4(1):1–23.

Kemendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” Kemendikbud Pendidikan Anak Usis Dini 2025(1679):1–68.

Khadijah. 2016. Pendidikan Pra Sekolah. Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. 2017. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini . kedua. Medan: perdana puplishing.

Khotimah, Khusnul. 2018. “Improve Children ’ S Cognitive Ability Through Media Puzzle in Group.” 1(1):20–26.

Nazli Ikhwani MZ, Armanila, Rizka Amalia. 2022. “Pengaruh Pendekatan Tematik Terhadap Perkembangan Kognitif Anak.” 5(1):165–75.

Sartika, and Erni Munastiwi. 2019. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4(2):35–50. doi: 10.14421/jga.2019.42-04.

Sugeng, Hapsari Maharani, Rodman Tarigan, and Nur Melani Sari. 2019. “Gambaran Tumbuh Kembang Anak Pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan Di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor.” Jsk 4(3):96–101.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitaif R & D. 26th ed. Bandung: Alfabeta Civy.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.