KOMBINASI METODE BERNYANYI DAN GERAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ASMAUL HUSNA DI TK ILMI INSANI JAYA

Lenni Mardiyati Hasibuan, Irwansyah Irwansyah, Armanila Armanila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan mengenai kombinasi metode bernyanyi dan gerak dalam meningkatkkan hafalan asmaul husna di TK Ilmi Isnani. Penelitian ini menggunakan penelian ini menggunakn penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan reduksi data,  penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini di peroleh bahwa di dalam menghafal Asmaul Husna terdapat metode khusus yang di pakai oleh siswa di TK Ilmi Insani Jaya,  yaitu menggunakan metode menghafal dengan kombinasi bernyanyi dan gerak (satu hari 5 Asmaul Husna). Dalam metode ini seorang pendidik membacakan Asmaul Husna,  yang kemudian siswa mengikuti scara klasikal kemudian menyetorkan hafalan kepada pendidik. Faktor pendukung bagi penerapan metode bernyanyi dan gerak dalam meningkatkan mengahafal Asmaul husna pada anak kelompok B di TK Ilmi Insani Jaya Kec. Percut Sei Tuan adalah :1. Ketersediaan tempat yang sangat mendukung dan nyaman 2.mengulang – ngulang hafalan.3.menegemen waktu yang tepat dan memberi kesempatan mengikuti iven - iven. Faktor pengahambat bagi penerapan metode bernyanyi dan gerak dalam meninkatkan hafalan Asmaul Husnadi TK Ilmi Insani Jaya kec. Percut sei tuan adalah : 1. Anak malas dan bosan dalam mengulang hafalan 2. Mood anak sering berubah 3.Kurangnya movasi orang tua untuk mendorong anak untuk mengafal 4.Peserta didik tidak mau mengulang hafalannya. 5. Gerakan terlalu cepat. 


Keywords


Kombinasi, Metode Bernyanyi dan Gerak, , Asmaul Husna, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Achmadi. 2006. Islam Syekh Kholid Bin Abdurrahman Al Akk, Cara Islam Mendidik Anak. Yogyakarta: Arruz Media.

Akbar Elliyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada MediaGroup.

Armanila, Armanila, Anis Turtati, Ayu Syarani Siregar, and Seroja Malem Skd. 2022. “Hubungan Interior Belajar Dan Bermain Terhadap Perkembangan Bahasa AUD.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8(1):77–93.

Armanila, Khadijah. 2018. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kemendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” Kemendikbud Pendidikan Anak Usis Dini 2025(1679):1–68.

Krisanti, Yunita. 2015. “Pembentukan Budaya Religius Di Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang.” 20–39.

Nurul Amelia, Khadijah. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Pertama. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Suryani. 1992. Kemampuan Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.16121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.