TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sultani Sultani, Alfitri Alfitri, Noorhaidi Noorhaidi

Abstract


Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam  (PAI) konservatif tidak mampu mencapai tujuan pembelajarannya karena hanya menghasilkan siswa yang paham secara materi saja padahal ada aspek materi PAI yang perlu dipraktikan pada kegiatan sehari-hari. Teori belajar humanistik dianggap mampu untuk mengatasi kekurangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori humanistik dan penerapannya dalam pembelajaran PAI di Sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari studi kepustakaan dan analisis dokumen terkait teori humanistik dan pembelajaran PAI di Sekolah. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan metode analisis isi untuk mengukur tingkat ketepatan pesan dan menarik kesimpulan. Langkah-langkah yang diterapkan adalah deskriptif, analisis isi dan korelatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori humanistik dapat diaplikasikan dalam pembelajaran PAI dengan mengutamakan aspek-aspek personalisasi, pemberdayaan, dan pengalaman. Pembelajaran PAI di Sekolah harus mampu memahami perubahan masyarakat dan teknologi, serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penerapan teori humanistik dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, serta membantu siswa untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal, baik dari aspek psikologis, fisik, emosional dan spiritual. Selain itu, penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran PAI dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial seperti rasa empati, toleransi, dan moderat atau sikap terbuka terhadap perbedaan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran PAI di Sekolah, sehingga dapat membantu menciptakan generasi yang lebih berdaya saing dan berkarakter.


Keywords


Teori Belajar Humanistik, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF PDF

References


Afkarina, I. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kalisat [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Ahmad Sarwat. (2018). Islam Agama Perdamaian (Fatih, Ed.). Rumah Fiqih Publishing.

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014, 48–58.

Amalia, A. C., & Munawir, M. (2021). Konsep Teori Belajar Humanistik Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 183–196.

Armedyatama, F. (2021). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 1(1), 11–18.

Arofaturrohman, Y. A., Alqudsi, Z., & Fauziati, E. (2023). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Carl Rogers. TSAQOFAH, 3(1), 140–147.

Arti kata humanisme—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.). Retrieved 2 May 2023, from https://kbbi.web.id/humanisme

Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI, L. P. M. al-Q., & (LIPI), L. I. P. I. (2010). Penciptaan Manusia Pertama.

Baharuddin; Makin, M. ; (2007). Pendidikan Humanistik: Konsep, teori dan aplikasi praksis dalam dunia pndidikan (yogyakarta) [Text]. Ar-Ruzz Media. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=3657

Fitriani, Y. W. (2019). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung.

Hardi, E., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2022). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.31258/jp.13.2.%p

Ibda, H. (2020). Kontekstualisasi Humanisme Religius Perspektif Mohammed Arkoun Dalam Pendidikan Dasar Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), Article 1.

Kemdikbud. (2023, April 15). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Kementerian Agama—Pustaka Lajnah. (n.d.). Retrieved 24 April 2023, from https://pustakalajnah.kemenag.go.id/detail/22

Kerchove, A. van den. (2018). Islamic Education in France. In International Handbooks of Religion and Education (Vol. 7, pp. 825–838). Springer International Publishing.

Machmud, F. S. (2022). Karakteristik Humanisme Dalam Pembelajaran Pai Di Sdn 3 Gisting Permai [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Masbur, M. (2016). Integrasi Unsur Humanisasi, Liberasi dan Transidensi Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.690

Media, K. C. (2022, February 13). Sejarah Pergantian Kurikulum di Indonesia. KOMPAS.com. https://nasional.kompas.com/read/2022/02/13/10180071/sejarah-pergantian-kurikulum-di-indonesia

Memon, N. (2018). Islamic Education in the United States. In International Handbooks of Religion and Education (Vol. 7, pp. 915–928). Springer International Publishing.

Mohammad Muchlis Solichin. (2019). Pendekatan Humanisme Dalam Pembelajaran (Model Penerapannya Di Pondok Pesantren Al Amin Prenduan Sumenep) (I). Literasi Nusantara, Malang.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mugimu, C. B., & Mugisha, W. R. (2013). Educational Practices, Curriculum Design and Implementation at the MLT Diploma Program in Uganda. Creative Education, 4(12), Article 12. https://doi.org/10.4236/ce.2013.412A2016

Muhtadi, M. (n.d.). Disertasi: Pendidikan Humanistik dalam Perspektif Al-Qur’an.

Muhtadi, M. (2021). Pendidikan Humanistik dalam perspektif Al-Qur’an. 7(1), 37–54.

NUR, H. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Pai Di SMAN 2 Tumijajar [Phd Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

PMA No. 5. (2020). Peraturan Menag No. 5 Tahun 2020 tentang Standar Penyelenggaraan Pendidikan Agama Pada Perguruan Tinggi [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/168596/peraturan-menag-no-5-tahun-2020

PP No. 4. (2022). PP No. 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan [JDIH BPK RI]. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022

Rusliansyah, A. (n.d.). Sejarah Perjalanan Kurikulum Pendidikan Indonesia. Character Building. Retrieved 25 April 2023, from https://binus.ac.id/character-building/2020/12/sejarah-perjalanan-kurikulum-pendidikan-indonesia/

Sarnoto, A. Z., Sarnoto, A. Z., & Muhtadi, M. (2019). Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Alim | Journal of Islamic Education, 1(1), 21–46. https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.118

Savitri, D. (n.d.). Teori Behaviorisme: Pengertian, Tokoh, dan Prinsip. detikedu. Retrieved 2 May 2023, from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6470535/teori-behaviorisme-pengertian-tokoh-dan-prinsip

Selina, R. M. (2020). Implementasi Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 4 Purwokerto [PhD Thesis]. IAIN Purwokerto.

Subaidi. (2016, April). Konsep Pendidikan Islam dengan Paradigma Humanis. https://www.studocu.com/id/document/universitas-muhammadiyah-surakarta/islam-dan-iptek-studi-islam-3/8-konsep-pendidikan-islam-dengan-paradigma-humanis/45941313

Sudirjo, E. (2016). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konsep Sekolah Ramah Anak. EduHumaniora, 2. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2748

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2013). Pengembangan kurikulum: Teori dan praktek / Nana Syaodih Sukmadinata. Remaja Rosdakarya.

Sulasmi, E., Akrim, A., Buku, G. G.-K., & 2019, undefined. (n.d.). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. Publikasiilmiah.Umsu.Ac.Id.

Syarifuddin. (2022). Teori Humanistik dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6, 106–122. https://doi.org/10.52266/

Tamara, A. (2022, October 12). Teori Belajar Humanistik: Pengertian, Manfaat, hingga Ciri-cirinya. https://www.viva.co.id/edukasi/1531675-teori-belajar-humanistik

Tim Redaksi. (2022, February 15). Kurikulum Merdeka dan Kurikulum-Kurikulum Lain yang Pernah Dipakai di Indonesia, Apa Bedanya? VOI - Waktunya Merevolusi Pemberitaan. https://voi.id/bernas/135119/kurikulum-merdeka-dan-kurikulum-kurikulum-lain-yang-pernah-dipakai-di-indonesia-apa-bedanya

UMA, B. (2022, May 25). Sejarah Sekaligus Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi Universitas Medan Area - Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi Terbaik di Sumatera Utara. https://bamai.uma.ac.id/2022/05/25/sejarah-sekaligus-perkembangan-kurikulum-pendidikan-di-indonesia/

Utami, E. N. (2020). Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(4), 571–584.

Yatim Riyanto. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit SIC.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib