PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs AL-AZHAR MEDAN SUNGGAL

Mira Asri, Khairuddin Lubis, Hotni Sari Harahap

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahuan “penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Al-Azhar Medan Sunggal”.adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi. Menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati, sehinggga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis E-Learning dalam pembelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Azhar Medan Sunggal sangat mendukung dalam kegiatan belajar mengaja, melalui e-learning siswa tidak akan merasa ngantuk, bosan dan jenuh dalam kegiatan belajar mengajar karena materi yang disampaikan guru pada saat dikelas siswa akan nyambung dengan materi yang diterangkan oleh guru, hal ini dikarenakan siswa sudah belajar sendiri di rumah dan siswa bisa menanyakan ke guru apabila ada materi yang ada dalam e-learning belum dimengerti oleh siswa serta penggunaan media pembelajaran berbasis E-Learning dalam pembelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Azhar Medan Sunggal sangat efektif, hal ini dibuktikan dengan sikap antusias siswa ketika menggunakan e-leraning dalam kegiatan belajar, siswa juga menguasai terhadap bahan-bahan ajar yang dipelajari, siswa merasa senang dalam proses belajar, yang ditunjukkan dengan nilai ulangan harian siswa berada pada kategori 87,5 artinya sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM).

Keywords


Media, E-Learning, Pembelajaran Fiqih, Siswa.

Full Text:

PDF

References


Anon. 2007. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. 4th ed. Jakarta: Sinar Grafika.

Diningrat, Syaiputra Wahyuda Meisa, Meyga Agustia Nindya, and Salwa. 2020. “Emergency Online Teaching: Early Childhood Education Lecturers’ Perception of Barrier and Pedagogical Competency.” Cakrawala Pendidikan 39(3):705–19. doi: 10.21831/cp.v39i3.32304.

Hakim, Arif Rahman. 2018. “Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran.” Kodifikasia 12(2):167. doi: 10.21154/kodifikasia.v12i2.1516.

Hidayati, Sri Utami, and Maslikhah Maslikhah. 2022. “Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Pada Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Kelas IV MI Mangunsari Salatiga.” Quality 10(2):307. doi: 10.21043/quality.v10i2.15665.

Irawan, Randy, and Herman Dwi Surjono. 2018. “Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Peningkatkan Pemahaman Lagu Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5(1):1–11. doi: 10.21831/jitp.v5i1.10599.

Kalsum, Thoibah Umi, Eko Suryana, and Venny Nopitasari. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih.” Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta) 1(1):19–35. doi: 10.37638/padamunegeri.v1i1.118.

Khadijah. 2017. Media Pembelajaran Anak Usia Din. Medan : Perdana Publishing.

Lexy. J. Moleong, (2017). n.d. “Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakary).”

Rahman, Mulyono Abdur. 2001. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif Dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.15999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.