PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-RAHMAH JAKARTA

Yulianti Yulianti, Khalid Ramdhani, Ajat Rukajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam melakukan pengelolaan kelas seperti, pendekatan pengelolaan kelas, pembinaan kedisiplinan terhadap siswa, dan bagaimana upaya seorang guru terhadap hambatan dan solusi dalam pengelolaan kelas, serta peran guru dalam pengelolaan kelas di SMP Al-Rahmah. Metode ini menggunakan penelitian kualitatif. Yaitu untuk mendeskripsikan secara deskriptif pengelolaan kelas yang terjadi di SMP Al-Rahmah. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI  harus dikelola dengan baik. Karena jika pengelolaannya tepat maka akan berdampak pada efektifitas pembelajaran PAI dan hasil belajar siswa. Pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI yang terjadi di SMP Al-Rahmah sudah sangat baik, mulai dari pengelolaan kelas seperti, pertama, pendekatan pengelolaan kelas dengan pendekatan otoriter, pendekatan suasana emosi dan hubungan sosial, kedua yaitu dengan pembinaan kedisiplinan terhadap siswa, adapun hambatan yang ada di SMP Ar-Rahmah dalam pengelolaan kelas seperti kurang dukungannya dari orang tua terkait buku belajar siswa. Solusi dalam pengelolaan kelas, yang  di lakukan guru di SMP Al-Rahmah dengan melakukan beberapa metode dan media yang tepat. 


Keywords


Pengelolaan kelas, pembelajaran agama Islam

Full Text:

PDF

References


Anton, & Usman. (2020). Peningkatan Kualtas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas. Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan Vol. 4 No. 1 , 71.

Arikunto, S. (2000). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2008). Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Pres.

Aslamiah. (2022). Pengelolaan kelas. Depok:Rajawali pers.

Bakri, R. M. (2014). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Parangleo KabupatenGowa. 1.

Djamah, S. B. (2000). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Masturin. (2022). Manajement pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbaris Multikultural. Semarang: CV Lawwana.

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Pratama, I. P. (2017). Manajement Kelas (Peran Guru, Problem dan Solusinya). e-journal.iai-al-azhaar.ac.id, 236.

Rani. (2016). Pengelolaan Kelas Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Tanjung Raya Maninjau. 1.

Rohani, A. (2014). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: CV Rineka Cipta.

Sagala, S. (2010). Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . CV Kencana.

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Perss.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.15932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.