STRATEGI GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA MTS SKB 3 MENTERI LUBUK BAYAS

Siti Maulidia, Khairuddin Lubis, Hotni Sari Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimanakah strategi guru PAI dalam mengembangkan kompetensi  sikap spiritual dan sikap sosial siswa dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa SKB 3 Menteri Lubuk Bayas. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualittai dengan pendekatan kualitati deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisa data yang digunakan reduksi data, verifikasi data serta uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru kelas dalam mengembangkan sikap spiritual siswa adalah membuat perencanaan pembelajaran terkait kegiatan spiritual, sedangkan pengembangan sikap sosial siswa yaitu membuat perencanaan pembelajaran terkait sikap sosial. Adapun faktor penunjang dalam mengembangkan sikap sosial siswa yaitu materi pembelajaran yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari, adanya bimbingan khusus, guru yang kreatif membuat tambahan kegiatan siswa untuk melatih kepedulian siswa pemberian tugas mendidik yang memanfaatkan teknologi. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu pengaruh kemajuan teknologi dan kondisi keluarga siswa yang kurang mendukung

Keywords


Strategi, Guru PAI, Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Siswa.

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spritual ESQ: Emotional Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman Dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga.

Indriani, Dian Eka. 2017. “Character Education Based on Pancasila Values Through Curriculum 2013 on Primary Education Children in Madura.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 2(1):13. doi: 10.26737/jpdi.v2i1.312.

Kemendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.” Kemendikbud Pendidikan Anak Usis Dini 2025(1679):1–68.

Lubis, Sarmadhan. 2017. “Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2(2):189–205. doi: 10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045.

Maragustam, Maragustam. 2021. “Strategi Pembentukan Karakter Spiritualitas Keagamaan Dan Cinta Tanah Air (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam).” DAYAH: Journal of Islamic Education 4(1):1–22. doi: 10.22373/jie.v4i1.7122.

Nashihin, Husna. 2019. “Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 8(1):131–49.

SOBRY, M., and Fitriani Fitriani. 2022. “Metode Guru PAI Dalam Mengembangkan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa Kelas V SDN 12 Mataram.” El Midad 14(2):136–54. doi: 10.20414/elmidad.v14i2.5385.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif Dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.15904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.