PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KERTAMUKTI 03 KABUPATEN BEKASI

Siti Istiqomah, Akil Akil, Acep Nurlaeli

Abstract


Dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien maka dibutuhkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mengelola kelas yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah lapangan (Fields Research) teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III di SDN Kertamukti 03 dalam pengelolaan kelas pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan pendekatan otoriter. Guru kelas III di SDN Kertamukti 03 dalam bentuk pembinaan disiplin siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah berupa pembiasaan, seperti: mengucapkan salam ketika masuk kelas. Hambatan dalam pengelolaan kelas di SDN Kertamukti 03 Kelas III diketahui bahwa terdapat tiga anak yang terlalu aktif, seperti suka mengganggu teman, guru dan suka terlambat. Kesimpulan dari penelitian ini dalam pengelolaan kelas pendekatan yang digunakan oleh guru PAI kelas III di SDN Kertamukti 03 adalah bentuk pendeketan otoriter, dan bentuk kedisiplinan yang dilakukan guru PAI kelas III SDN kertamukti 03 berupa pembiasaan positif agar tujuan pembelajaran tercapai

Keywords


Pengelolaan, pembelajaran, pendidikan agama islam

Full Text:

PDF

References


Astati. (2020). Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Kencana

Burhanuddin,A. (2017. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Diunduh pada 1 Juni 2023 [Online]. Di https://afidburhanuddin.wordpress.com

Fitriani, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Kelas di TK Kartika II-26 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Iqbal, M.M (2015). Pendekatan Otoriter Dalam Manajemen Kelas. Di Unduh pada tanggal 1 Juni 2023. [Online]. Di https://bukupelajaransd.blogspot.com

Parmiyati, A. (2013). Identifikasi Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Salam, Kecamatan Salam, Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Yogayakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosesti, W. (2014). Pembinaan Disiplin Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Kota Baru Kabupaten Dharmasraya. (Jurnal Administrasi Pendidikan)

Smk.Negeri 5 Batam. (2020). Pentingnya Kedisiplinan siswa di sekolah. Di unduh pada 1 Juni 2023. [Online]. Di https://smkn5batam.sch.id

Wahyuni, A. N. (2016). Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam di Kelas III SD Muhammadiyah 26 Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya)

Zaki. (2020). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Di unduh 1 Juni 2023. [online] di www.zonareferensi.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.15867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib