PENGUATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 BATUJAYA

Sri Nursiah, Ferianto Ferianto

Abstract


Disiplin peserta didik merupakan salah satu hal pnting dalam menunjang perbaikan atau peningkatan mutu pendidikan suatu lembaga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penguatan disiplin peserta didik yang dilakukan di SMK Negeri 1 Batujaya. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa dalam penguatan disiplin peserta didik dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMK Ngeri 1 Batujaya meliputi berbagai faktor, faktor pembinaan terhadap peserta didik yang melibatkan peran guru dan orangtua serta melalui teknis dan diberikannya hukuman ketika terjadinya pelanggaran oleh peserta didik. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa peningkatan mutu pendidikan melibatkan beberapa aspek dan peran. Peserta didik dapat berperan dalam peningkatan mutu pendidikan melalui penguatan disiplin.


Keywords


Penelitian, penguatan, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Maunti, Magdalena (2021). Meningkatkan Perilaku Disiplin Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Layanan Bimbingan Kelompok WA Group di SMP Negeri 3 Telaga. Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal. 7(01).

Hambali, Imam. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik. Educational Review. 4(1).

Hilman, Cecep. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Educational Review. 1(2).

Rifa’i. M (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran) Medan: CV Widiya Puspita

Saifullah, Moh. Zainul Muhibbin (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Educational Review. 5(2).

Sandy, Setiawan Dwi Ari. (2020). Manajemen Pembinaan Disiplin Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1).

Supiana, A. haris Hermawan, Anisa Wahyuni. (2019) Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler. Educational Review. 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.15848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.