PENGARUH PENGETAHUAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK IBMT PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH MEDAN

Muhammad Rizka, Yurmaini Yurmaini, Erliyanti Erliyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan dan kualitas produk terhadap   minat   menggunakan   produk   di   BMT   Pesantren   Ar-Raudlatul Hasanah. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kuantitatif, Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket yaitu angket tertutup. Dimana instrumen penelitian menggunakan softawre SPSS sebab menggunakan analisis regresi linear berganda dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas serta uji linieritas. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan produk BMT medan dengan hasil uji statstik dengan tingkatan signifikan 0.009 0,05 dengan demikain HO di tolak Ha di terima. Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minta nasabah menggunakan produk BMT Raudhah medan, denga hasil statistik dengan tingkat signifikan 0.120 0,05 dengan demikian HO di terima Ha di tolak. 3. Nilai F hitung 18.385 dengan nilai tingkat sig 0.000 oleh karena itu nilai sig 0.000 0,05 dan nilai F hitung 18.385 F tabel 3,35 dengan demikian Ho di tolak dan Ha di terima.

 


Keywords


Pengetahuan Kualitas Produk, Minat

Full Text:

PDF

References


Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/718

Karmini, K., & Karyati, K. (2020). Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Kelompok Makanan, Minuman Dan Tembakau Di Kota Tarakan. Jurnal Riset Pembangunan, 2(2), 89–97. https://doi.org/10.36087/jrp.v2i2.51

Mashuri. (n.d.). Peran Baitul Maal Wa Tamwil (Bmt) Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. 114–123.

Sudjana, K. (2020). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 6 ( 02 ), 2020 , 185-194 Peran Baitul Maal Wat Tamwil ( BMT ) dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02), 185–194.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Ukkas, I. (2017). Strategi dan Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Berkemajuan : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 24–27. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jp/article/view/591/




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.15668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.