PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE SOROGAN DI SMP NEGERI 3 BANDAR
Abstract
Kemampuan baca tulis Al qur’an (BTQ), merupakan tahap awal yang ditempuh untuk memperdalam agam islam. Kerberhasilan lebih lanjut terhadap cabang cabang keilmuan islam yang luas oleh karna itu, program baca tulis Al Qur’an (BTQ) merupakan pembelajaran yang seharusnya dipelajari pada tingkat dasar. Berdasarkan hasil wawancara pembelajaran Al Qur’an dikelas diperoleh informasi bahwa pada kenyataan dalam pembelajaran BTQ masih banyak murid yang belum bisa membaca Al Qur’an dan menulis huruf hijaiyah atau ayat dalam Al Qur’an dengan baik. Salah satu metode yang baik dalam mempelajari baca tulis Al-Qur’an adalah meted sorgan. Metode sorogan adalah metode pembelajaran kitab secara individual dimana setiap santri menghadap secara bergiliran untuk membaca, menjelaskan dan menghafal pelajaran yang telah diberikan sebelumnya Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Meted penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarakan hasil analisis data bahwa hampir secara keseluruhan siswa sukses dalam menggunakan metode sorogan untuk program baca tulis AL-Qur’an. Tingkat keberhasilan menggunaka metode sorogan dalam pembelajaran baca tulis AL-Qur’an rata-rata di atas 50%, yang akan dibuktikan dalam hasil penelitian nanti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abudin, N. (2022). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Ahmad, S. (2008). Mendidik Anak, membaca, menulis dan mencintai Al-Qur'an. Gema Insani Prees, 17.
Djalaluddin. (2012). Cepat Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Tunjuk Silang . Kalam Mulia, 149.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Kusuma, I. Y. (2007). Pendidikan Bahasa Asing Dalam Iomu dan Aplikasi Pendidikan. Imperial Bakti Utama, 123.
Musfiroh, T. (2011). Menumbuh Kembangkan Baca Tulis Anak Dalam Usia DIni. Gerasindo, 6.
Qadir, M. A. (2005). Menyucikan Jiwa. Gema Insani Prees, 100.
Syam, Y. H. (2012). Mukzijat Membaca Al-Qur'an. Media-Pressind, 44.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagian Dari Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Yusuf, K. M. (2010). Studi Al-Qur'an . Hamzah, 45.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.15538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.
Jam Kerja
09.00 -17.00 Wib