MENINGKATAKAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENYUSUN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MELALUI WORKSHOP DI KKG PAI KECAMATAN UJUNG PADANG TAHUN 2022/2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson. L,dan Kratwohl. (2000). Taksonomi Belajar dan Mengajar : Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Pendikan Psikologi. 47(49)
Baderan, J. K. (2018). Pengembangan Soal High Order Thinking (HOT) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI SD. PEDAGOGIKA.Jurnal Pendidikan.9(2),
Basuki, I. dan Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Brookhart, S. M. (2010). How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom.United States of Amerika: ASCD Member Book
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., dan Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher order thinking skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942. https://doi.org/10.12973/eujer.8.4.935
Fanani, A., dan Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar. 9(1),
Fatoni,A. (2011) Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi . Jakarta: Rineka Cipta
Lewy, dkk. (2009). Pengembangan Soal untuk mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Deret Bilangan Kelas IX SMP Xaverus Maria.Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2).
Guza, Afnil. (2008). Undang-undang Sisdiknas dan Undang-undang Guru dan Dosen. Jakarta: Asa Mandiri
Hadi,S. (2002). Metodologi Reserch. Yogyakarta:Andi Ofset,Edisi Refisi
Mardiana, N. (2017). Peningkatan Physics Hots Melalui Mobile Learning (Mobile Learning to Improve Physics HOTS). PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 1(2), 1–9.
Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2020). Pendampingan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Bagi Guru Sekolah Dasar. SOLMA, 09(1), 156–166
Marwah, D., Wahyudin, D., dan Johan, R. C. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Science Technology And Society (STS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.Educational Technologia,1(2), Article 2.
Masri, S dan Sofran,S. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta:LP3ES
Ningrum, R. T. L. (2016). Pengaruh Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI Materi Buffer dan Hidrolisis [Other, Universitas Negeri Semarang].
Osnal, dkk. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Jurnal Pancara, Vol. 5(1). Halaman 67-82.
Pratiwi, U., dan Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.1(1)
Sani, A. R. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok : Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu. 2(2)
Setiawati, wiwik. Dkk. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skill. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Shabir U, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik : (Tugas dan Tanggung jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, 2(2), 221–232
Sudjana, N.(2009). Pendidikan Tingkat KePenelitian Konsep Dan Aplikasinya Bagi Peneliti Sekolah. Jakarta: LPP Bina Mitra
Suryapusptarini, B. K., dan Wardono, K. (2018). Analisi Soal matematika Tipe HOTS pada K13 untuk Mendukung Keterampilan Literasi Siswa, Prosiding Seminar Nasional Matematika.876-884
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.15235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.