ANALISIS DAMPAK TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK ANAK DI KABUPATEN DELI SERDANG

Syariah Hafidzhoh, Khairul Anwar, Nurhikmah Pohan, Paruhuman Hasibuan, Mardiah Mardiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana dampak Aplikasi TikTok Terhadap Perkembangan Akhlak Anak di Kabupaten Deli Serdang, melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dengan  Teknik analisa data yang digunakan dimulai dari reduksi data, display data, verifikasi data. Hasil penelitan menunjukkan bahwa  perkembangan penggunaan tiktok di kalangan anak semakin tinggi dan dimulai dari keluarga sendiri, ternyata tiktok memliki dampak negatif bagi perkembangan akhlak anak yaitu kemampuan berbahasa, motorik, sosial emosional, motorik, suka meniru hal yang buruk, menyanyikan lagu dewasa dan sebagainya, sedangkan dampak positifnya yaitu  sebagai media belajar mengembangkan akhlak anak, mengasah kemampuan kogntif dan kreativitas. 


Keywords


Dampak Tiktok, Perkembangan Akhlak, Anak

Full Text:

PDF

References


A, W. P. M., Rosidah, L., & Maryani, K. (2022). Penggunaan aplikasi tik tok pada anak usia 5-6 tahun di desa banjarnegara kecamatan pulosari kabupaten pandeglang. 11(2), 138–144.

Abdullah, M. Y. (2008). No TitleStudi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Amzah.

Armanila, Hilda Zahra Lubis, S. N. (2022). Implementasi Pendidikan Seks Berbasis Konsep Islam. 6(1), 42–56.

Armanila, Nurul Zahriani JF, V. (2022). At-Turats Interior Of The Study And Play Room : 16(1), 22–31.

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Armanila, K. (2017). Permasalaha Anak Usia Dini. perdana puplishing.

Arrofi, A., & Hasfi, N. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 1–6.

Aw, S. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan ”Mario Teguh Golden Ways”. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 181–191. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12048

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/download/1390/750

Chadzik, M. (2015). Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak Anak Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Chairul Akhmad. (2021). Ensiklopedi Akhlak Nabi SAW: Ciri-Ciri Akhlak Mulia. In Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/01/20/ly3dt4-ensiklopedi-akhlak-nabi-saw-ciriciri-akhlak-mulia

Children, I., Ability, C., & Carpet, T. (2019). Vol. 2, No. 2, Juli 2019 Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. 2(2), 167–176. ukygki

Dhea Shafira, Armanila, I. K. S. (2022). JoECCE. JoECCE Journal of Early Childhood and Character Education, 2, 1–16.

Dilon, C. (2020). Tiktok influences on teenagers and young adults students: The common usages of the application tiktok. American Scientific Research Journal for Engineering, Technology, and Sciences, 68(1), 132–142.

Fajri, Z. (2020). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam. 04(01), 31–47.

Hasnah Siaahan1, Armanila2, V. (2022). Studi Kasus : Penanganan Anak Tunadaksa (Cerebral Palsy). Jurnal Pelangi, 4(1), 1–23.

Julis, D. (2015). Al-Ghazali : Pemikiran Kependidikan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6, 129–140.

Karimah, L. S., Rollie C. Deporos, S., Kustiawan, U., & Twinsari Maningtyas, D. (2022). Does TikTok Effective in Stimulating Language Development for Children Aged 5-6? Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.14421/jga.2022.71-02

Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497

Putri, R. A. (2022). Analisis dampak tayangan tiktok terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di cempaka putih.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Sulistyawati, A. (2016). Dukungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Ilmu Kebidanan AK. http://jurnal.akbiduk.ac.id/assets/doc/170223083148-1.pdf

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Valiana, L., Suriana, & Fazilla, S. (2020). Dampak Pengunaan Aplikasi Tik Tok Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Kelas Vi Min 1 Aceh Utara. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(1), 75–84.

Yatazaka, Y. (2014). Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 289. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.289-306




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.14947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.