STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA MIFTAHUSSALAM MEDAN

Gina Ramadani, Rustam Ependi

Abstract


Globalisasii  memberikani  efeki  positifi  dani  efeki  negatifi  bagii  umati  islami yangi  kemudiani  menjadii  tantangani  bagii  setiapi  gurui  pendidikani  agamai  islami  untuk mengatasi efek negatif tersebut, dan menyiapkan generasi muslim yang handali  dani  siapi  menghadapii  setiapi  tantangani  globalisasi.i  Problematikai  yangi  dihadapii  pendidikani  islami  dii  erai  globalisasii  yaitui  :i  Kekurangani  sumberi  dayai  pendidiki  yangi  profesional, krisis akhlak, strategi guru akidah akhlak belum optimal. Untuk menghadapi problematika globalisasi diperlukan kerjasama dan ini menjadi tanggung jawab kita semua baik pendidik, peserta didik, orang tua, maupun pemerintah itu sendiri. Di era globalisasi ini dapat menjerumuskan peserta didik ke arah perbuatan yang negatif seperti tawuran antar pelajar, seks bebas, kasus narkoba maupun tindakan kriminal lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa sehingga peserta didik dapat memiliki karakter yang kuat


Full Text:

PDF

References


Amin, Rizqy Mutmainnah, dkk. (2021). Guru Dalam Perspektif Islam, Bacaka’: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1.

Amma, Tasurun. (2018). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2.

Asrori, Mohammad. (2013). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Pembelajaran, Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Vol. 5, No. 2.

Frimayanti, Ade Imelda. (2015). Strategi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Problematika Globalisasi, Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, Vol. 12, No. 1.

Hidayat, Rohman. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Di Era Globalisasi, Osf Preprints.

Kementerian Agama RI. (2014). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro.

Mayskur. (2021). Strategi Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Sosial Siswa SMK di Kabupaten Pidie, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 3, No. 1.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mustakim. (2021). Peranan Bidang Studi Aqidah Akhlaq Dalam Membentuk Kepribadian Anak Didik di MTs. Al-Muhsinin Selak Ampan Pijot, Masaliq: Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 1, No. 1.

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Novita, Selvia. (2019). Kontribusi Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas XI IPS 3 di MAN Curup, Skripsi, Program Sarjana Ilmu Keguruan, Univ IAIN, Curup.

Nurohim, Wahyu Dwi. (2017). Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Anak Siswa Kelas IV MI Ma’Arif Cekok Babadan Ponorogo, Skripsi, Program Sarjana Ilmu Keguruan, Univ IAIN, Ponorogo.

Purwanto, Eko Sigit. (2021). Strategi Pembelajaran. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Ramayulis. (2016). Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusniati. (2015). Pendidikan Nasional Dan Tantangan Globalisasi: Kajian Kritis Terhadap Pemikiran A. Malik Fajar, Didaktika: Jurnal Ilmiah, Vol. 16, No. 1.

Sobur, Alex. (2016). Sociologi Umum Edisi dan Revisi. Bandung: Pustaka Setia.

Sulham, Najib. (2012). Panduan Mengajar Akidah Akhlak. Jakarta Timur: Zikrul.

Tati. (2022). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Kepribadian Siswa MTs di Palirang, Istiqra’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 9, No. 2.

Tumiran. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Dalam Kajian Akidah Akhlak), Al-Hadi: Jurnal Ilmiah, Vol. 6, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.14254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.