MODEL PEMBELAJARAN BAGI MANULA

Misbach Al Gufron, Agung Rezeki, Wahab Nafi’ Wijaya, Khuriyah Suryo

Abstract


Usia lanjut bukanlah halangan untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas hidup, termasuk melalui pendidikan. implementasi pendidikan agama Islam bagi lansia memerlukan model pembelajaran yang spesifik dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran PAI bagi Manula. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menelaah konsep-konsep, teori, dan temuan-temuan yang berkaitan dengan pembelajaran agama Islam untuk kelompok usia lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik manula mencakup perubahan fisik, kognitif, psikologis, dan sosial yang terjadi seiring bertambahnya usia. Lansia sering mengalami penurunan dalam memori, kemampuan berpikir kritis, dan konsentrasi, yang dapat mengganggu kemampuan mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, kebutuhan psikologis dan spiritual lansia, seperti dukungan sosial, keterlibatan dalam aktivitas, serta pencarian makna hidup, sangat penting untuk kesejahteraan mereka. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi lansia dirancang dengan pendekatan yang fleksibel dan holistik, dengan fokus pada metode yang mengaktifkan keterlibatan mereka, seperti ceramah interaktif dan pembelajaran berbasis praktik, untuk mendukung pemahaman dan penerapan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, pembelajaran ini juga memberikan kesempatan bagi lansia untuk terus mengembangkan diri, meningkatkan kualitas hidup, dan menjaga keterhubungan dengan nilai-nilai agama. Pendekatan ini membantu mereka untuk merasa dihargai dan tetap terlibat dalam komunitas. Dengan pengajaran yang sesuai, mereka dapat merasa lebih tenang, sehat secara emosional, dan memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam bagi lansia bukan hanya sekadar transfer pengetahuan, tetapi juga sarana untuk memperkuat ketahanan mental dan spiritual mereka di usia lanjut.

Keywords


Model, Pembelajaran, Manula

Full Text:

PDF

References


Anwari, M., & Nursikin, M. (2020). Pembinaan Keagamaan untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Pada Santri Usia Lanjut di Pondok Pesantren Raden Rahmat Banyubiru Kabupaten Semarang Misbakul Anwari Pendahuluan Pros e s perkembangan manusia adalah bersifat. Jurnal Citra Ilmu, XVII(32), 11–26.

Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Pers. https://books.google.co.id/books?id=SD-VNwAACAAJ

Arikunto, S. (1998). Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi belajar-mengajar di kelas. Prestasi Pustakaraya.

Mamduh Amali, Maskuri Bakri, M. A. (2020). Model Peningkatan Pemahaman Dan Pengamalan Ajaran Agama Santri Manula Pada Majelis TA’lim Raudlatul Jannah Di Dukuh Matsari Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 17–23.

Meliawaty. (2023). Bakti Mulya : Jurnal Pengabdian dan Pendampingan METODE UTSMANI DALAM RANGKA MEMBERANTAS BUTA AKSARA. 01(01).

Monks, F. J. (2002). Psikologi perkembangan : pengantar dalam berbagai bagiannya / F.J. Monks, A.M.P. Knoers; alih bahasa Siti Rahayu Haditomo. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:180751878

Nugroho, A. (2020). Para Lansia Bersatulah, Mengenal Konsep dan Hak Kaum Lansia. Jakarta: Lokataru Foundation.

Nurdin, N., & Abdussalam, A. (2019). Strategi Pendidikan Agama Islam Bagi Orang Tua Lanjut Usia Di Panti Jompo Sosial Bireuen Aceh. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 157–176. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/413

Salam. (1997). Etika Sosial : Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia (1st ed.). Rineka Cipta.

Suardana, I. W., & Ariesta, Y. (2019). Karakteristik lansia dengan kemandirian aktifitas sehari-hari. Jurnal Gema Keperawatan, 6(1), 77–86.

Sunarti, S., Ratnawati, R., Nugrahenny, D., Mattalitti, G. N. M., Ramadhan, R., Budianto, R., Pratiwi, I. C., & Prakosa, A. G. (2019). Prinsip dasar kesehatan lanjut usia (geriatri). Universitas Brawijaya Press.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v8i2.14213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib