STRATEGI GURU SKI DALAM MENGELOLA KELAS MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI MTS AL MAWADDAH

Anjelita Nur Isiami, Siskha Putri Sayekti, Karmila Rianda, Ahmad Fikri Baydhowy

Abstract


Penelitian ini bertujuan diantaranya: (1) mendeskripsikan bagaimana strategi guru SKI dalam mengelola kelas melalui pendekatan saintifik di MTs Al Mawaddah, (2) membahas faktor penghambat guru SKI dalam mengelola kelas, (3) solusi dalam strategi pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa guru SKI di MTs Al Mawaddah menggunakan model pembelajaran kooperatif yang dikaitkan dengan pendekatan saintifik melalui proses diantaranya: (1) santri mengamati materi yang diberikan guru, (2) santri menanyakan hal yang tidak dipahami, (3) santri mengumpulkan informasi dari tugas yang diberikan guru secara berkelompok, (4) santri membuat kesimpulan dari informasi yang didiskusikan, (5) santri mengkomunikasikan atau mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Faktor penghambar guru dalam mengelola kelas di MTs Al Mawaddah  yaitu: (1) fasilitas kelas yang kurang lengkap, (2) kurangnya konsentrasi para santri atau santriwati dalam pembelajaran. Solusi yang digunakan oleh MTs Al Mawaddah dalam mengelola kelas adalah guru memberikan point dan reward saat kegiatan pembelajaran agar para santri termotivasi untuk belajar.


Keywords


Strategi Guru SKI, Mengelola Kelas, Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

References


Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208.

Adawiyah, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan dan Hasil Belajar Ekonomi. Research and Development Journal Of Education, 7(1), 158–171.

Herlina. (2022). Pendekatan Saintifik-Icm Berbasis Lkpd Tingkatkan Hasil Belajar Ips Materi Ekonomi Kreatif Pada Kelas Ixd Smpn 3 Cepiring. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(1), 24–36.

Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801.

Laili, M., & Aliyah, M. (2021). an Analysis of Learning Steps on the Teacher’S Lesson Plan Based on Scientific Approach. Education and Human Development Journal, 6(2), 12–20. https://doi.org/10.33086/ehdj.v6i2.2100

Maulidar, Julia, P., Mutia, P., & Anwar, F. (2021). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Konsep Tematik Integratif dan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Kelas 3 SDN 47 Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 3(3), 22–28.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar, S., Ahnanto, A., Senja, M., Putri, T. D., Yulianti, Y., Apriyanti, N., Suryani, L., Dedeh, D., Pranawati, P., Laelawati, L., Herlina, R., Alamanda, S., Mariana, R., Saadah, S., & Nurâ€TMaeni, F. S. (2018). Analisis Kompetensi Calon Pendidik Profesional Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 30(1), 1–9.

Muliadi, Sudarto, & Rahma. (2022). Analisis Problematika Guru Pendidikan Jasmani Berkaitan Sarana Dan Prasarana: Studi Kualitatif Deskriptif Pada Guru Di Gugus Ii Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(4).

Ngadiwon. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA. Research and Development Journal Of Education, Oktober, 117–130.

Nurhasan, M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Al-Quran Hadis ( Studi Kasus Di Madrash Tsanawiyah Al Kautsar Dan Mts Negeri Kota Depok ). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nuryatmawati, Azizah Muthi, & Dimyati, D. (2021). Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreatifitas Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 95–113.

Ridwan, A. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Salmiah, M., Rusman, ِa. A., & Abidin, Z. (2022). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dalam Tinjauan Psikologi Manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), 41–60.

Vhalery, R. (2019). Perbandingan Aktivitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Numbered Head Together. Research and Development Journal of Education, 6(1), 80.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.13821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.