UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PEMBELAJARAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH TAHUN AJARAN 2018/2019

Junaidi Junaidi

Abstract


Waktu penelitan ini dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Lokasi Penelitian berada di SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil tes awal dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 7 orang siswa (19,45%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 29 orang siswa (80,55%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 49,74. Pada siklus I, dari 36 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 20 orang siswa (55,55%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 16 orang siswa (44,45%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 65,71. Pada siklus II, ternyata 31 orang siswa (86,11%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (13,89%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 75,2.Berdasarkan hasil belajar siswa adanya peningkatan proses hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa Adanya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Gaya Mengajar Inklusi Dengan Menggunakan Alat Pembelajaran Sederhana Pada \Siswa Kelas VI SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH Tahun Ajaran 2018/2019.


Keywords


: Lompat Jauh, Gaya Mengajar, Inkluisi

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir Ateng (1992).Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Agus Kristiyanto (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Sebelas Maret University Press.

Aip, Syarifuddin (1992). Atletik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Alipande (2000). Media Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Brotosuryo (1993). Gaya Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono (2006). Belajar Mengajar, Penerbit CV. Mustika Bandung.

Hamalik,Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

IAAF. (1993. Peraturan Perlombaan Atletik. Alih Bahasa Suyono DS. Jakarta: Pengurus Besar PASI.

Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik 1. Jakarta: Erlangga.

Ni Nyoman Seriati dan Nurhayati (2010). Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. PGPAUD.

Rusli Lutan (2000). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Penataran Guru SLTP Setara D-III.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v3i1.12813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib