USAHA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM KALIBENING MOJOAGUNG JOMBANG)

Nasikhabi Bulloh, Mochammad Syafiuddin Shobirin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membiasakan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang serta untuk mendeskripsikan usaha guru Guru Pendidikan agama islam membiasakan membaca Al-Qur’an siswa dan untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi usaha guru PAI membiasakan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Babussalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian atau informan adalah kepala Sekolah, Kepala Kurikulum, dan Guru Al-Qur’an di MTs Babussalam Kalibening. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa menurut informan bahwa Pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Babussalam kalibening mojoagung dilakukan setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar jam 06:45 dengan durasi kira-kira 15 menit. Usaha guru dalam membiasakan membaca al qur'an siswa di MTs Babussalam kalibening mojoagung menugaskan guru yang mengajar di jam pertama untuk mengawasi dan membimbing  siswa dalam membaca al-Qur’an. Faktor pendukung dan penghambat usaha guru PAI dalam membiasakan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Babussalam Kalibening Mojoagung. Faktor penghambatnya yaitu siswa yang tidak hanya berasal dari pondok pesantren. Namun, juga bersasal dari luar pesantren, siswa yang selesai melaksanakan pembelajaran di sekolahan tidak mendapatkan pengawasan atau kontrol dari orang tua. Faktor pendukung yaitu menyediakan guru yang professional, lingkungan madrasah  yang sudah terbiasa membaca al-Qur’an.

Keywords


Usaha, Guru Pendididkan Isalam, Membaca Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa paedagogia 2, no. 1 (2019): 23–24.

Apriyanti, Eva. “Pembiasaan Membaca Al- Qur’an Di Pondok Al -Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan.” internasional 21, no. 1 (2001): 53–66.

Arbainah. “Upaya Guru Agar Siswa Gemar Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Banjarmasin.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN, 2018.

Atep, Supardan, Maya Rahendra, and Wahidin Unang. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran Desa Sukajaya Kabupaten Bogor.” Prosiding Hidayah Pendidikan Agama Islam 02, no. 1 (2019): 225–235.

Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10 (2010): 46–62.

Dr,Sandu Siyoto,SKM, M.Kes. Dasar Metodologi Penelitian. Edited by Ayup. 1st ed. sleman: Literasi Media Publishing, n.d.

Dr. Nursapia Harahap, M.A. PENELITIAN KUALITATIF. Edited by Dr. Hasan Sazali M.A. 1st ed. Medan: Wal ashri Publishing, 2020.

Fauzan, Muhammad. “Usaha Guru Pai Membiasakan Membaca Alquran Siswa Di Smp Negeri 23 Banjarmasin.” Tarbiyah Islamiyah 6, no. 2 (2016): 151–160.

Hasan, Hafiedh. “INTERNALISASI RELIGIUS DALAM KOMPETENSI GURU AGAMA ISLAM.” Jurnal Madaniyah 7 (2017): 284–298.

Hawi, Akmal. KOPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Vol. 1. JAKARTA: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2013.

KHUSNA, NURUL BIDAATUL. “PEMBIASAAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) REJOTANGAN TULUNGAGUG TAHUN AJARAN 2015/2016.” IAIN Tulungagung, 2016.

Muhsin, Ali. “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito.” Al-Murabbi 2, no. 2 (2017): 275–290.

Nugraheni, Ratri, and Masjid Syuhada Yogyakarta. “Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Serta Mampu Mengembangkan Potensi Peserta.” Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 04, no. 2 (2021): 194–207.

Nur Handayani, Iys, and Suismanto Suismanto. “Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3, no. 2 (2019): 103–114.

NUR SHABRINA. “UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 6 BANJARMASIN.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN, 2018.

Rachmawati, Tutik. “Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif.” UNPAR Press, no. 1 (2017): 1–29.

Rokhani, Riati Asri. “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DI MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017 SKRIPSI.” IAIN Surakarta, 2017..

Sofyan, Erviana, and Rofiatul Hosna. “Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Quran Setiap Pergantian Jam Pelajaran Terhadap Kesiapan Mental Mahasiswa Genta Pare Kediri.” Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) 7, no. 1 (2019): 10–13.

Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. 19th ed. bandung: ALFABETA, CV., 2013.

Suyitno. Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, Dan Operasionalnya. Edited by Dr. H. Ahmad Tanzeh. Akademia Pustaka. 1st ed. tulungagung: Akademia Pustaka, 2018.

Wibowo, Ari. “Implementasi Metode Sorogan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Islamiyah Di Pontianak.” Iqro’ Khatulistiwa 1, no. 1 (2016): 43–55.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.12458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.