PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PASIR DI TK NEGERI PEMBINA I KECAMATAN DATUK BANDAR KOTA TANJUNGBALAI

Penty Patimah Panjaitan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas meng gambar anak dengan menggunakan media pasir.Perumusan masalah penelitian yang dilakukan yaitu apakah dengan menggunakan media pasir dapat meningkat kan kreativitas menggambar dan bagaimana proses pembelajaran dengan menggu nakan media pasir dapat meningkatkan kreativitas menggambar. Tujuan peneliti an yaitu untuk meningkatkan kreativitas anak melalui menggambar dengan meng gunakan media pasir,mendiskripsikan aktivitas menggambar dengan mengguna kan media pasir.Subjek penelitian ini adalah TK Negeri Pembina I Kecamatan Datuk Bandar Tanjungbalai yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 10 anak la ki-laki dan  9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, percakapan,hasil karya,dokumentasi.Analisis pengumpulan data dilaku kan dengan teknik hasil data dan catatan lapangan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam siklus kedua terjadi peningkatan pembelajaran menggambar.Pada siklus satu menggambar dengan menggunakan media pasir mencapai ketuntasan 63%.Sedangkan pada siklus kedua kreativitas menggambar dengan media pasir meningkat dengan mencapai 83%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan media pasir dapat meningkat kan kreativitas menggambar anak

Keywords


Kreativitas,Menggambar,Media Pasir

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti.Dkk. (2007) Perkembangan Dan Konsep Dasar PengetahuanAnak Usia Dini”.Jakarta : Universitas Terbuka.

Chandra Julius. (1994) Kretativitas Bagaiaman Menanam, Membangun Dan Mengembangkannya. Penerbit Kanisius (Anggota IKPI): Yogyakarta.

Ching, Frances, D.K. (2002) Menggambar Suatu Proses Kreatif”. Jakarta: penerbit Erlangga.

Ciri-Ciri Kreativitas Hakikat Kreativitas Anak Usia Dini a. Pengertian Kreativitas. https://text-id.123dok.com/document/dy49nn9vz-ciri-ciri-kreativitas-hakikat-kreativitas-anak-usia-dini-a-pengertian-kreativitas.html. Di Akses Tanggal 16 Juni 2022.

Deijana, Widarmi, dkk. (2009). “Kurikulum PAUD”. Jakarta: Universitas Terbuka

Diana Vidya Fakhriyani, (2016) Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana e-ISSN: 2579-8464 Didaktika Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains.

Fenni, (2010) UpayaMeningkatkan Kreativitas Seni Dengan Teknik Mozaik Melalui Media Kulit Telur”. Bengkulu: UNIB

Hartiny Rosma. (2010). “Model Penelitian Tindakan Kelas” Yogyakarta: Sukses Offset.

Hawadi, Akbar, Reni, dkk. (2001). Kreativitas. Jakarta: Grasindo

Henny Nurhaeny (2002) Kreativitas Seni Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Menggambar Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Andika Cilegon-Banten) Jurnal CARE 9 (2) Januari 2022 Copyright ©2017 Universitas PGRI Madiun – PG PAUD P-ISSN: 2355-2034 / E-ISSN: 2527-9513 Available at:http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD.

Isdi Nurjantar (2014) Pengembangan Kreativitas Menggambar Melalui Aktivitas Menggambar Pada Kelompok B2 Di Tk Aba Kalakijo Guwosari Pajangan Bantul. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Jamaris Martini. (2005). “Perkembangan Dan Pengembangan Anak Taman Kanak-kanak, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Kreativitas Belajar Anak Usia Taman Kanak-Kanak.http:// www.Perkuliahan.com. Diunduh tanggal 20-04-2013

Montolalu. (2008) Bermain Dan Permainan Anak.” Universitas Bengkulu.

Munandar Utami (2004) Pengembangan Kreativitas Anak Berbaka. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Munandar, Utami. (1987) Pengembangan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah “. Reneka Cipta.

Munandar, Utami. (2004). Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah: Jakarta: Gramedia.

Mutri, (2010)Upaya Meningkatkan Kreativitas Dengan Media Playdougth.”Manna: UNIB

Neneng Syifa’urrahmah, (2021) Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggambar Bebas. Early Childhoo: Jurnal Pendidikan e-issn. 2579-7190 Vol. 5 No. 2, November 2021.

Pamadhi, Sukardi. (2008) Seni keterampilan anak.Universitas Terbuka.

Reni, (2010) Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknik Kolase Biji-Bijian.” Manna: UNIB.

Rofiko Sari, dkk (2019) Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Dharma Wanita Wirolegi SumbersariKabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Volume 2, Nomor 2, Juli 2019, pp. 44-53 ISSN: 2614-4387 (print), 2599-2759 (online)

Safaria, Triantoro (2010)Creativity Quotient.” Jakarta

Santoso, Sogeng. (2008). “Dasar-dasar perkembangan TK. Jakarta:Universitas Terbuka.

Sudjana. (2004). Metode Statistika.Bandung.

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Umaria Husnu (2020) Analisis Kreativitas Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidik Vol. 01, Nomor 02, November 2020 DOI: 10.33853/jm2pi.v1i2 http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/JM2PI

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

https://hot.liputan6.com/read/4642513/10-pengertian-kreativitas-menurut-para-ahli-dan-cara-melatihnya




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v5i2.12305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib