EVALUASI TERHADAP MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MAS PAB 1 SAMPALI MEDAN

Maghfirah Amanda Putri, Muhammad Isnain Nastion, Candra Wijaya, Wanda Sudrajat Saragih

Abstract


Upaya peningkatan kulitas pendidikan di Indonesia secara terus menerus telah dilakukan dengan baik secara konvensional maupun inovatif, seperti pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasaran pendidikan lainnya. Mengelola kelas merupakan saah satu peranan yang dilakukan seorang guru dalam proses pembelajaran, yaitu untuk menciptakan kondisi belajar yang optimal dan menetralisir keadaan jika terjadi gangguan di dalam kelas selama proses belajar mengajar. Manajemen kelas merupakan suatu kegiatan terkecil dalam usaha pendidikan yang justri merupakan “dapur inti” dari seluruh jenis manajemen pendidikan. Dalam manajemen kelas inilah kemudian terdapat istilah “pengelolaan kelas” baik yang bersifat intruksional maupun manajerial. Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahka untuk mewujudkan semua pembelajaran yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Atau dapat dikatakan bahwa manajemen kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses pembelajaran secara sistematis. 


Keywords


Evaluasi, Manajemen Kelas, Proses Belajar

Full Text:

PDF

References


Suryana Asep, (2006) Bahan Belajar Mandiri Manajemen Kelas,

Nugraha Muldiyana, (2018) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran, Vo.4, No. 1.

Sulistyorini, (2006) Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya, eLKAF.

Astuti, D.P., Leonard, L., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. (2019). Developing Adobe Flash-based mathematics learning media for 7th-grade students of junior high school. Journal of Physics: Conf. Series 1188 012098. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012098.

AR, Murniati dan Nasir Usman. (2009). Implementasi Manajamen Strategi Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan,Cita Pustaka Media Perintis, Bandung.

Marno dan Idris, M. 2008. Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Asril Zainal. (2010). Micro Teaching. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Mukminan. 2013. Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional. Yogyakarta : LPPM UMY




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.11748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.