MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING DENGAN POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU PADA SISWA KELAS XI MIPA-5 MAN 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abdul Latip Hasibuan

Abstract


Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing pada Pokok Bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-siku di Kelas XI Mipa-5 MAN 3 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada saat Siklus I 72,29, pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 85,00. Menggunakan metode Pembelajaran Problem Posing pada Pokok Bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-siku di Kelas Kelas XI Mipa-5 MAN 3 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan ketuntasan  belajar  siswa  dimana pada saat siklus I 57,14 % akan tetapi meningkat menjadi 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan demikian berarti tepat bila digunakan ,metode Pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pokok Bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-siku di Kelas Kelas XI Mipa-5 MAN 3 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019


Keywords


Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Problem Posing

Full Text:

PDF

References


Arikunto,dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah,dan Aswan Zain.2002.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:

Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno.2010.Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Refika Aditama

Moh. Uzer Usman.2005.Metode diskusi.Bandung: Sinar Baru Algensindo Nasution,S.1995.Didaktik Asas-Asas Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Riduwan.2004.Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru –Karyawan dan

Peneliti Pemula.Bandung:Alfabeta.

W.J.S. Poerwadarminta.1999.Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : PT Rineka Cipta.

Rosmala Dewi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Sihare’o : Pasca Sarjana Unimed. Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Matematika, 539-548. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI.

Astuti, D.P., Leonard, L., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. (2019). Developing Adobe Flash-based mathematics learning media for 7th-grade students of junior high school. Journal of Physics: Conf. Series 1188 012098. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012098




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v5i2.11116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib