IMPLEMENTASI PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MEGINTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA DI MASA PANDEMI

Rizky Aditama

Abstract


Penelitian kali ini membahas mengenai bagaimana situasi pembelajaran agama berbasis teknologi dalam kondisi pandemi. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang menjelaskan fenomena penelitian berdasarkan studi kasus dan laporan lembaga pembelajaran Islam di Indonesia. Hasil penelitian menjelaskan bahwa teknologi mengambil banyak peran dalam memberikan pengetahuan pembelajaran nilai agama dalam siswa, teknologi juga memberikan banyak kemudahan dan akses bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan yang baru. Namun kondisi ini memiliki beberapa keterbatasan baik dalam hal jaringan, kualitas pengetahuan pengajar, maupun peran orangtua yang memiliki banyak kemampuan untuk mengawasi dan mengatur kondisi siswa selama kegiatan belajar mengajar. Namun berbagai platform yang disediakan mulai dari Zoom, Google meet, whatsapp , ruang guru, dan berbagai platforn lainnya terbukti memberikan banyak kontribusi atas pembelajaran jarak jauh.


Full Text:

PDF

References


Abdulatif, S. (2021). Dampak Pandemi Terhadap Eksistensi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1567–1570.

Alvianto, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid-19. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 13. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.13-26

Anwar, A. (2018). Pendidikan, Kesehatan Dan Pertumbuhan Ekonomi Regional Di Indonesia: Pendekatan Model Panel Dinamis. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 19(1), 50–60. https://doi.org/10.18196/jesp.19.1.2727

Apuke, O. D. (2017). Quantitative Research Methods : A Synopsis Approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40–47. https://doi.org/10.12816/0040336

Assingkily, M. S. (2021). Analisis Pembelajaran PAI Bagi Anak Usia Dasar Era Covid-19 di Desa Lawe Dua Kutacane Aceh Tenggara. 6, 1–13.

Dewi, D. M., Akmalia, R. D., & Faradilla, G. Y. (2021). Pendidikan Islam dan Tantangan The Great Shifting di Era Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 75–86. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.193

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PAI DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Laili, F., & Barata, P. T. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 59–74. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.48

Nurdin, A. (2016). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY. Tadris, 11(Juni).

Ramadhon, R., & Khoiriyadi, I. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 157–166. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.230

Ramdani, A. K., Arifin, Z., & Fathurrohman, N. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 1 Karawang Barat. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(September), 140–151.

Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MASA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137. Retrieved from https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html

Salsabilla, U. H., Agustin, A., Safira, F., Sari, I., & Sundawa, A. (2021). Manfaat Teknologi Bagi Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 125–132. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.93

Yuberti. (2015). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA GLOBAL. Akademika, 20(01), 137–148.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.10966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.