URGENSI PENGUATAN NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL SELAMA MENGHADAPI COVID 19

Pitriya Rahmawati

Abstract


 

 

 

Dunia pendidikan saat ini sudah mengalami banyak perubahan di dalamnya terutama kondisi selama menghadapi wabah covid 19 akhir ini,dikarenakan penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana seharusnya dan seberapa penting dan berdampak besar dan cukup berpengaruh untuk kebutuhan di dalam dunia pendidikan melihat seberapa terintegrasi dan terinterkoneksi nilai pendidikan islam mencakup dalam hal ini wawasan secara multikultural. Untuk itu perlunya perlunya menguatkan urgensi nilai berwawasan multikultural dalam pendidikan islam, Penulis pada penelitian ini menggunakan sebuah metode dengan yang salah satunya yaitu metode deskriptif dan penelitian ini merupakan sebuah analisis yang salah satunya yakni analisis pustaka di dalamnya lagi penulis menggunakan tinjauan pustaka sebagai sebuah analisanya dengan memperhatikan berbagai karya ilmiah atau berbagai proceding yang sejalan dan berkaitan dengan artikel, tema besar penulis ini. Sangat penting bahwa memahami urgensi penguatan nilai dalam hal ini pendidikan islam berwawasan multikultural dikarenakan hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup besar untuk dunia pendidikan. Terlebih saat ini banyak berbagai stake holder pendidikan terdampak wabah covid 19, oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk melihat urgensi nilai pendidakan islam selama wabah covid 19 dalam lingkup wawasan multikultural .

 

 

Keywords:

Nilai pendidikan Islam, Multikultural, Covid 19


Full Text:

PDF

References


Andih, Deisy Christina. 2018. “Peran Media Sosial ( Facebook, Instagram , Youtube ) Dalam Menarik Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Tetempangan Hill Kab. Minahasa Prov. Sulawesi Utara.” 13(1):74–80.

Anggara, Anggi. 2015. “URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA.”

Aulia, Mia Manda, Didik Tri Setiyoko, Diah Sunarsih, Agus Purnomo, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, and Dan Ilmu Pendidikan. 2021. “Penanaman Nilai Multikultural Dengan Metode Hybrid Learning Pada Masa Pandemi Covid-19.” JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 1(02):71–79.

Baidhawy, Z. n.d. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga.

Habibi, Nicolas. 2019. “Konstruk Pendidikan Multikultural ( Studi Urgensi Integrasi Nilai- Nilai Multikultural Dalam Kurikulum Pendidikan ).” Jurnal Tarbawi 15(02):233–47.

Hasanah, Uswatun, and Ida Faridatul Hasanah. 2021. “Internalisasi Pemahaman Moderasi Multikultural Dalam Pendidikan Islam Masa New Normal.” Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 12(1):32–50.

Lilik Hidayati, Puspita Winatakina. 2021. “Hadapi Pandemi: Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Berwawasan Multikultural Selama Wabah Covid-19.” Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI) 03(1):10–25.

Nugraha, Dera, Uus Ruswandi, M. Erihadiana, and Kota Bandung. 2020. “Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan PKN (105):140–49.

Nugroho, Muhammad Aji. 2016. “Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagamaan Inklusif Pada Umat Muslim.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8(1):31–60. doi: 10.18326/mdr.v8i1.31-60.

Rahman, Arif. 2015. “Paradigma Kritis Pancasila Dalam Dimensi Pendidikan Islam A . Pendahuluan Pancasila Didengungkan Sebagai Ideologi Bangsa Sampai Saat Ini Sangat Memprihatinkan . Lebih Dari Separuh Abad Memerdekakan Diri Dari Belenggu Penjajahan Kemudian Berdirilah Negara.” Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(1):125–44.

Rahman, Arif, and Zalik Nuryana. 2019. Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0.

Rifa’i. 2016. “Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 4:116–33.

Santoso, Suyahmo, Rachman Maman, and Cahyo Budi Utomo. 2020. “Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19.” Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang 558–63.

Suarni, Ni Ketut. 2014. Metode Pengembangan Intelektual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supriana, I. Gede Angga., Sukadi., and I. Negah. Suastika. 2020. “Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 1 (Februari, 2020).” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 8(1):35–46.

Wati, Salmiwati. 2013. “Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural.” Al-Ta Lim Journal 20(1):336–45. doi: 10.15548/jt.v20i1.29.

Yamani, Mohamad Tulus. 2014. “Urgensi Dan Signifikansi Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):155–78. doi: 10.18860/jpai.v1i1.3364.

Yunus, Firdaus M. 2014. “Konflik Agama Di Indonesia Problem Dan Solusi Pemecahannya.” Substantia 16(2):217–28.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.10784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.