PENDIDIKAN ISLAM DI ACEH (1966-1998) DENGAN MENGANALISIS ASPEK PERUBAHAN (TRANSFORMASI)
Abstract
dan integrated tentang transformasi pendidikan Islam di Aceh (1966-1998). Pemilihan waktu
penelitian ini didasarkan pertimbangan bahwa dalam kenyataannya, pendidikan Islam di Aceh
tidak bisa dipisahkan dengan kepentingan politik pemerintah dan pengaruh ideologi dalam memposisikan
pendidikan Islam. Objek kajian penelitian ini adalah pendidikan Islam di Aceh (1966-1998). Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalahhistorical approach dengan pengimplementasian metode
sinkronis dan diakronis. Dari kajian yang dilakukan ditemukan bahwa transformasi pendidikan
Islam di Aceh mencakup pada dua aspek utama, yaitu kelembagaan dan sistem. Kelembagaan
mencakup penginternalisasian sistem tradisional dan modern, sedangkan sistem mencakup tujuan,
pendidik, peserta didik, metode dan sarana-prasarana.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Transformasi, Orde Baru
Full Text:
PDFReferences
Dafta Pustaka
A.Hasjmy, Sepuluh Tahun Darussalam dan Hari Pendidikan Daerah Istimewa Aceh. Banda Aceh:
Yayasan Pembina Darussalam, 1969.
Abdullah, Anzar, Pendidikan Islam Sepanjang Sejarah: Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesia.
Jurnal Susurgalur, Volume 1 Nomor 2 Tahun 2013
Abdurahman, Moeslim, Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1995
Azra, Azyumardi,Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Melenium Baru. Jakarta: Logos
wacana Ilmu, 1999
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Melenium III. Jakara: Kencana
Prenadamedia Group, 2014
Ghazali, Adeng Muktar, Pemikiran Islam Komtemporer, Suatu Refleksi Keagamaan yang Dialogis.
Bandung: Pustaka Setia, 2005
Haidar Putra Daulay,Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta:
Kencana, 2007
Idris, Safwan, Pendidikan di Aceh, dalam, Perkembangan Pendidikan di Nanggroe Aceh Darussalam.
Banda Aceh: Majlis Pendidikan Daerah Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Gua Hira’,
Ishak, Kasim, “Struktur Organisasi dan Kurikulum Dayah”, Dalamperanan dayah Dalam Pembangunan
pendidikan di Aceh Dalam Rangka Mensukseskan Pelita IV. Banda Aceh: Lembaga Ilmiah
IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1985
Khozin,Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia : Rekontruksi Sejarah Untuk Aksi. Malang : Universitas
Muhammadiyah Malang, 2003
Kuntowijoyo,Metodologi Sejarah, Cet-II. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003
Muhajir, Dudung, Pendekatan Sejarah, dalam Amin Abdullah, dkk, Metodologi Penelitian Agama
Pendekatan Multidisipliner. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006
Mukti, Abd., Konstruksi Pendidikan Islam, Belajar Dari Kejayaan Madrasah Nizhamiyah Dinasti Saljuq.
Bandung: Citapustaka Media, 2007
Salim, Peter, The Contempory English-Indonesia Dictionary. Jakarta: Modern English Press, 1996
Shaleh, Abdul Rachman,Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi, Misi dan Aksi. Jakarta : Raja
Grafindo Persada, 2005
Sjalabi, Ahmad,Sedjarah Pendidikan Islam, Cet. VII. Jakarta : Bulan Bintang, 1973),
Soebahar, Abd. Halim, Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonansi Guru sampai UU Sisdiknas.
Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Subhan, Arief,Lembaga Pendidikan Islam Abad ke-20. Jakarta: Kencana, 2012
Surakhmad, Winarno,Pendidikan Nasional, Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas, 2009
Usa, Muslih, Pendidikan di Indonesia: Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya,
Wathoni, Kharul, Dinamika Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Ponorogo : STAIN Press, 2011
Yuningsing, Heni, Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru, Jurnal Tarbiya, Volume 1, Nomor 1,
M. Nasir Budiman, Wawancara di Banda Aceh, tanggal 8 Juni 2016.
Mukhlisuddin, Guru Dayah Mudi Masjid Raya Samalanga, Wawancara di Samalangan, tanggal 24
Februari 2016.
Saifuddin, Wawancara tanggal 7 Juni 2016.
Teungku Daud Zamzami, Wawancara di Banda Aceh, tanggal 26 Desember 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v8i2.7077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica