EVALUASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH ALIYAH NEGERI RANTAUPRAPAT
Abstract
Rantauprapat; (3) Evaluasi proses manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat;
(4) Evaluasi produk manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan melalui wawancara, observasi dan studi
dokumen berkaitan dengan evaluasi manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat
dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Temuan dalam penelitian ini ada 4 (empat).
Pertama, evaluasi konteks manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat bahwa
jenis kurikulum yang digunakan di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat ini terdiri dari tiga jenis
kurikulum: (1) kurikulum KTSP tahun 2006, (2) Kurikulum berbasis sains tahun 2013, dan (3) kurikulum
yang disusun oleh Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat. Di mana dalam penerapannya telah melewati
proses dan analisis yang mendalam dengan memperhatikan segala bentuk kelebihan dan kekurangan
yang akan ditimbulkan kemudian yang melibatkan stakeholder madrasah. Kedua, evaluasi masukan
manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat, di mana strategi/model pembelajaran
yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat adalah masih berorientasi pada tujuan,
dimana pembelajaran hanya diarahkan bagaimana para siswa agar meningkat prestasi belajarnya.
Meskipun sebagian guru telah bergeser menjadi proses dan pencapaian kompetensi yang ada pada
setiap mata pelajaran. Ketiga, evaluasi proses manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri
Rantauprapat di mana secara umum media dan sumber belajar yang ada di Madrasah Aliyah Negeri
Rantauprapat tergolong baik. Untuk menghasilkan efektivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil
belajar siswa secara optimal, maka penggunaan media dan sumber belajar mutlak dilakukan guru.
Keempat, evaluasi produk manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat adalah
bahwa guru di Madrasah Aliyah Negeri Rantauprapat menerapkan jenis-jenis evaluasi yang menghasilkan
nilai akhir pembelajaran siswa yang baik dan banyaknya siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi
umum atau agama Islam baik negeri maupun swasta (PTUN/PTAIN).
Kata Kunci:Evaluasi, Pembelajaran dan Madrasyah
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safrudin, Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis
Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, cet. 3 (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penilaian Evaluasi, cet. 1 (Jakarta: Rajawali Press, 2008)
Balzely.The Action Framework for The Contectual Learning and Applied Academic Approach (Jakarta:
The Ministry of National Education Second Junior Secondary Education Project ADB
Loan No. 1573/1574 INO Packege A School Management, 2003)
Bloom, Benyamin S. et al. Taxonomy of Educational Objectives: Handbook I: Cognitive Domain
(London: Longmann Group h, 1956).
Brantas,Dasar-dasar Manajemen, (Bandung: Alfabeta, 2009)
Burhanuddin, Yusak,Administrasi Pendidikan cet. 1 (Bandung: Pustaka Setia, 1998)
Danim, Sudarwan,Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, cet. 9 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Fattah, Nanang,Landasan Manajemen Pendidikan, cet. 1 (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999)
Fahruddin, Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa, Jurnal Edu Riligia Vol. 1 No. 4 Tahun 2017
Gagne, Robert., & Briggs, Lislie.Principles of Instructional Design. Second Edition (New-York: Holt,
Rinehart and Winston, 1979)
Hamalik, Oemar,Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem (Jakarta: Bumi Aksara,
Hasan, Hamid, Evaluasi Kurikulum, cet. 2 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)
Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis . (Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2006)
Nasution, S. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, cet. 2 (Jakarta: Bumi Aksara,
Ormrod, Jeanne Ellis, Educational Psychology: Developing Leaners. Fourth Edition. (Colombus:
Merrill Prentice Hall, 2003)
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, cet. 5 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)
Purwanto, Ngalim,Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: Remaja Rosda Karya.
Siswanto, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Slavin, Robert E. Educatinal Psychology Theory and Prantice (Boston: Allyn and Bacon, 1997)
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996)
Administrasi Pendidikan. cet.1 (Surabaya: Usaha Nasional, 1990)
Toha, M. Habib Teknik Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 1996)
Uno, Hamzah B. Assessment Pembelajaran ,cet. 3 (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
Widoyoko, Eko Putro, Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon
Pendidik (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009)
Wawancara dengan Bapak Fahrul Qodhim,S.Pd.I selaku guru MAN Rantauprapat pada hari Sabtu
tanggal 12 Agustsu 2017, pukul 12.35 WIB
Wawancara dengan Ibu Dra. Nur Asli selaku guru MAN Rantauprapat pada hari Kamis tanggal 13
April 2017, pukul 09.00 WIB
Wawancara dengan Ibu Dra. Nurhabibah Harahap,S.Pd. selaku Kepala Madrasah MAN Rantauprapat
pada hari Sabtu tanggal 12 Agsutus 2017, pukul 14.15 WIB
Wawancara dengan Ibu Hanawiya,S.Pd. selaku guru MAN Rantauprapat pada hari Rabu tanggal
Juli 2017, pukul 10.05 WIB
Wawancara dengan Ibu Hanawiyah Harahap,S.Pd. selaku guru MAN Rantauprapat pada hari
Sabtu tanggal 12 Agustsu 2017, pukul 10.10 WIB
Wawancara dengan Ibu Junita Nazla Siregar,SE. selaku guru MAN Rantauprapat pada hari Jumat
tanggal 14 April 2017, pukul 10.05 WIB
Wawancara dengan Ibu Maryani Harahap,S.Pd. selaku guru MAN Rantauprapat pada hari Rabu
tanggal 12 April 2017, pukul 10.00 WIB
Wawancara dengan Ibu Nurhayati,S.Pd.I selaku guru MAN Rantauprapat pada hari Kamis tanggal
April 2017, pukul 09.00 WIB
Wawancara dengan Ibu Saidah Hanim Siregar,S.Pd. selaku Wakil Kepala Madrasah MAN Rantauprapat
pada hari Jumat tanggal 30 Juni 2017, pukul 09.00 WIB
Wawancara dengan wakil kepala madrasah di ruang guru pada tanggal 17 Januari 2017 pukul
00-09.30 Wib.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v8i1.7073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica