IMPLEMENTASI BIMBIMGAN DAN KONSELING ISLAMI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-WASHLIYAH DI KOTA MEDAN
Abstract
dan teknik bimbingan dan konseling Islami, kendala yang dihadapi oleh konselor dalam mengimplementasikan
bimbingan dan konseling Islami, dan upaya apa saja yang dilakukan oleh konselor mengatasi kendala
mengimplementasikan bimbingan dan konseling Islami di SMA Al-Washliyah Kota Medan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
kualitatif dengan menggunakan pengolahan data terdiri dari reduksi data, display data/penyajian data, dan
pemeriksanaan kesimpulan. Hasil penelitian dikemukakan bahwa Program layanan bimbingan dan konseling
di sekolah secara umum terdiri dari berbagai bentuk layanan. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling
di SMA Al-Washliyah Kota Medan terdiri dari bentuk layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan
dan penyaluran, layanan bimbingan belajar atau pembelajaran, layanan bimbingan karier, layanan konseling
perorangan, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konsultasi, dan layanan
mediasi. Pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami kepada siswa di SMA Al-Washliyah Kota Medan
terdiri dari metode individual dan kelompok. Metode kelompok dengan menggunakan teknikhome room
program, karyawisata, diskusi kelompok, kerja kelompok, psikodrama, sosiodrama, danremedial teaching.
Metode individual dengan menggunakan teknik directive counseling, non directive counseling dan elective
counseling. Kendala dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dapat yaitu keterbatasan jumlah
guru bimbingan dan konseling dibandingkan dengan jumlah siswa yang ada, masih kurangnya guru pembimbing
yang memiliki latar belakang pendidikan bidang bimbingan dan konseling, dan keterbatasan sarana fasilitas
yang mendukung kelancaraan penyelenggaraan bimbingan dan konseling Islami. Upaya dalam mengatasinya
dapat dikemukakan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling Islam yaitu usaha dari guru untuk
mengikuti pelatihan-pelatihan guru pada bidang bimbinan dan kosneling sekolah, berupaya untuk memenuhi
sarana fasilitas yang di butuhkan sehingga dapat membantu untuk mudahnya penyelenggaraan bimbingan
dan konseling Islami di SMA Al-Washliyah Kota Medan.
Kata Kunci : Implementasi Bimbingan dan Konseling Islami
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Anselm Strauss & Juliet Corbin,Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Terjemahan : Andi Hakim, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2003.
Dalyono,M.,Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Departemen Pendidikan,Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Eko Jaya, 2003.
Helen, A.,Bimbinganan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Hikmawati, Fenti,Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Grafindo Persada, 2011.
Lubis, Saiful Akhyar,Konseling Islami dan Kesehatan Mental, Bandung : Citapustaka Media Perintis, 2011.
Mattew B. Miles dan A. Michael Huberman,Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta:
UI-Press, 2002.
Natawijaya, Rohman,Pendekata-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok, Jakarta : Diponegoro, 2007.
Nurihsan, Ahmad Juntika,Bimbingan & Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung: Refika
Aditama, 2010.
PERMENDIKNAS No. 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Konselor
Prayitno dan Erman Amti,Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Prayitno,Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Rineka Cipta, 2007.
Said, Abdullah ,Bimbingan dan Konseling di Lingkungan Sekolah, Bandung : Aksara, 2008.
Sugiyono,Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta,
Tohirin,Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta:Rajagrafindo
Persada, 2011.
Winkel, W.S.,Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Grafindo : Jakarta, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v8i1.7070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica