TRANS INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA

Latifah Hanum, Dja’far Siddik, Haidar Putra Daulay

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui transinternalisasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran
yang diterapkan di Universitas Islam Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah
metode Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen,
analisis data dilakukan dengan menyusun, menghubungkan, mereduksi, menyajian dan disimpulkan.
Pengujian keabsahan data meliputi: kepercayaan (credibility), keteralihan (tranferability), kebergantungan
(defendability), dan kepastian (komfirmability). Hasil temuan menunjukkan bahwa transinternalisasi
nilai-nilai Islami dalam pembelajaran di Universitas Islam Sumatera Utara, dasarnya adalah
visi dan misi yaitu menjadi perguruan tinggi Islami yang handal, teruji, dan bermartabat mulia,
dicintai oleh masyarakat dan di ridhai Allah swt, dilakukan melalui proses perencanaaan yang
melibatkan semua elemen. Strateginya, pra pembelajaran RKP mencantumkan ayat atau hadis,
menyesuaikan jadwal dengan waktu shalat, mengintegrasikan ilmu agama dan umum, serta
melakukan kuliah pakar, yaitu melakukan komunikasi antara dosen mata kuliah. Proses pembelajaran,
dilakukan dengan berdo’a dan membaca basmalah, memberikan motivasi, dan menyampaikan
dengan kata yang sopan. Pasca pembelajaran, mahasiswa memiliki sikap kejujuran, penghayatan
dan pengamalan terhadap nilai-nilai islami, serta menumbuhkan sifat keterbiasaan. Hal ini bertujuan
agar mahasiswa secara komprehenship mengenal tentang nilai-nilai Islami yang terkandung dalam
mata kuliah. Simpulan bahwa transinternalisasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran di Universitas
Islam Sumatera Utara, yaitu mengintegrasikan semua mata kuliah dengan nilai-nilai
Islami dengan demikian mahasiswa betul-betul memahami tidak adanya dikotomi ilmu dalam
islam, memulai perkuliahan dengan memberikan salam, memberikan motivasi tentang pentingnya
ilmu serta pentingnya akhlak sesuai dengan norma-norma agama. Selain itu penyusunan jadwal
perkuliahan disesuaikan dengan waktu shalat. Sehingga mahasiswa dapat melaksanakan kewajibannya
dengan berjama’ah.
Kata kunci: Transinternalisasi nilia-nilai Islami & Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adisusilo, Sutarjo, JR.Pembelajaran Nilai Karakter (Jakarta:PT Rajagrafindo Persada, 2012).

Arifin, M.Kapita Selecta Pendidikan (Semarang: Toha Putra, 1981).

‘Abu al-Al, Hasan,al-Tarbiyah al-Islamiyah Fi al-Qarn al-Rabi’ al-Hijri (Kairo: Dar al-Fikr al-Arabi, 1978)Drajdat,

Zakiah,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1992).

Assegaf, Abdurrachman,Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011).

Chaplin, J.P.,Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).

—————————,Kamus Lengkap Psikologi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993)

Darajat, Zakiah,Dasar-dasar Agama Islam (Jakarta : Bulan Bintang, 1984).

——————————,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008).

Djumransjah,Filsafat Pendidikan (Malang: Bayu Media Publishing, 2004).

Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,

Elkarimah, Mia Fitriah, “Strategi Pendidikan Agama Islam pada Pembelajaran Akidah ‘Pencegahan dan

Penanggulangan Penyebab Aliran Sesat’”, dalamJurnal SAP. Vol. 2 No. 1, Tahun 2017.

Hamalik, Oemar,Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).

Mujahidah, Nurul, Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Mts Swasta Islamiyah Belongku Kabupaten Labuhan Batu Utara, Jurnal Edu Riligia Vol. 1 No. 3 Tahun 2017

Hamruni,Strategi Pembelajaran (Yogyakarta: Insan Madani, 2012).

http://kreatifonline.com/refleksi-tragedi-4-mei-1998-pelecehan-seks-di-ikip-medan/. Diakses pada tanggal

Juni 2017.

Ihsan, Fuad,Dasar-Dasar Kependidikan, (Jakarta: Rineka cipta, 1997)

al-Jamaly, Muhammad Fadhil,Nahwa Tarbiyat Mukminat (al-Syirkat al-Tunisiyat li al-Tauzi’,1998).

Junaidi, Jujun,Latar Belakang Lahirnya Undang-Undang No.20 Tahun 2003, http://jujunjunaedi1987.blogspot.co.id/

/05/latar-belakang-lahirnya-undang-undang.html. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2017.

Kartanegara, Mulyadi,ntegrasi Ilmu Sebuah Rekonstruksi Holistik (Bandung: Mizan, Media Utama: 2005)

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008).

Mulyana, Rohmat,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai , (Bandung: Alfabeta, 2004).

Marimba, Ahmad D.Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al-Ma’arif, 1989).

Majid, Irsan al-Kailani,Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, (Makkah: Maktabat al-Hadi, 1987).

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen, Kelembagaan

Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009).

Mujib, Abdul, dan Yusuf Mudzakir,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006).Nashihin,

“Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Mulia”, dalamJurnal Ummul

Qura, vol. V, No. 1, Maret 2015.

Nafia, Akhmad Ilman, “Pengelolaan Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Islam”, dalamJurnal

Inspirasi Vol. 1, tahun 2017

Nuryadin, “Strategi Pendidikan Islam di Era Digital”, dalamFITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman,

Vol. 03 No. 1 Tahun 2017

Ridha, Muhammad Rasyid,Tafsir Al-Manar (Kairo: Dar al-Manar, 1373 H), juz I.

Al Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Praktik

Pendidikan (Bandung: Citpa Pustaka, 2008).

————-,Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Praktik

Pendidikan (Bandung: Cipta Pustaka Media, 2012)

Rahmat, O.K. “Suku Abad Universitas Islam Sumatera Utara: Secarik Kenangan”, dalam Bahrum Jamil,

Batu Demi Batu di Bawah Panas yang Terik UISU Kami Dirikan (Medan: Ma’had Muallimin

Al-Washliyah-Teladan, 1992)

Syafaruddin & Nurgaya,Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat (Jakarta: Hijri Pustaka

Utama, 2014).

Sudrajat, Akhmad,Tujuan Pendidikan Islam (akhmadsudrajadwordpress.com) diakses tanggal 28 Januari

Sagala, Syaiful,Konsep Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2005).

SK Dirjen Dikti Nomor 38 dikti.kep/2002. Kemudian diperbaharui dengan ditetapkannya Keputusan

Dirjen Dikti Nomor 43/kep/2006. Tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Mata

Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) di Perguruan Tinggi.

Thoha, M. Chabib,Kapita Selekta Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka pelajar,1996).

Tim Penulis,UISU Dulu, Kini dan Akan Datang (Medan: Universitas Islam Sumatera Utara, t.t.).

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2001)

Tim Dosen Pendidikan Agama Islam UGM,Pendidikan Agama Islam (Jogjakarta: Badan Penerbitan

Filsafat UGM, 2006)

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun

, cet. 5 (Jakarta: Sinar Grafika, 2013).

Wahyudinet al.,Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi (Jakarta: Grasindo, 2009).

Zein, Muhammad,Pendidikan Islam Tinjauan Filosofis (Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 1978)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v7i2.7065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara